KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: EKONOMI
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : X
Semester : I (SATU)
KKM : EKONOMI
| Kompetensi Dasar dan Indikator | Standar Kriteria Ketuntasan Minimal | |||||||
| Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | Nilai KKM % | ||||||
| Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Pengetahuan | Sikap/Afektif | Jumlah | |||
| STANDAR KOMPETENSI 1. Memahami permasala han ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi | | |||||||
| 1.1. Mengidentifikasi kebutuhan manusia | | |||||||
| § Mendeskripsikan pengengertian kebutuhan. | | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan manusia. | | | | | | | | |
| 1.2. Mendeskripsikan ber- bagai sumber ekonomi yang langka dan kebu- tuhan manusia yang tidak terbatas | | |||||||
| § Mendeskripsikan pengertian kelangkaan | | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan | | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak. | | | | | | | | |
| 1.3. Mengidentifikasi masa- lah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi | | |||||||
| § Mengidentifikasi barang apa, bagai- mana cara mempro- duksi dan untuk siapa barang diproduksi. | | | | | | | | |
| 1.4. Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain | | |||||||
| § Mendeskripsikan pengertian biaya peluang. | | | | | | | | |
| § Menunjukan contoh biaya peluang pada kesempatan kerja bila melakukan produksi di bidang lain. | | | | | | | | |
| 1.5. Mengidentifikasi sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi | | |||||||
| § Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi | | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi sistem ekonomi dan cara memecahkan masalah ekonomi (produksi, distribusi dan konsumsi). | | | | | | | | |
| Jumlah 5 KD | | | ||||||
| KKM ( Ekonomi SK 1) | | |||||||
| STANDAR KOMPETENSI 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitan- nya dengan kegiatan ekonomi konsumen dan produsen | | |||||||
| 2.1. Mendeskripsikan pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi | | |||||||
| § Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang. | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan perilaku konsumen dan produsen | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan teori perilaku konsumen (tabel dan grafik) | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan teori perilaku produsen (tabel dan grafik) | | | | | | | | |
| 2.2. Mendeskripsikan Circulair Flow Diagram | | |||||||
| § Membuat model diag- ram interaksi pelaku ekonomi (Circulair Flow Diagram) | | | | | | | | |
| § Mengidentifikasi man faat diagram interaksi pelaku ekonomi | | | | | | | | |
| 2.3. Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen | | |||||||
| § Mendeskripsikan peran pelaku ekonomi (rumah tangga | | | | | | | | |
| § Memberi contoh peran pelaku ekonomi di masyarakat (rumah tangga | | | | | | | | |
| Jumlah 3 KD | | | ||||||
| KKM ( Ekonomi SK 2) | | |||||||
| STANDAR KOMPETENSI 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitan- nya dengan perminta- an, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar | | |||||||
| 3.1. Mengidentifikasi fak -tor-faktor yang mempe ngaruhi permintaan dan penawaran | | |||||||
| § Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran. | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. | | | | | | | | |
| § Menggambar kurva permintaan dan penawaran. | | | | | | | | |
| 3.2. Menjelaskan hukum permintaan dan hukum penawaran serta asum si yang mendasarinya | | |||||||
| § Mendeskripsikan hu- kum permintaan dan hukum penawaran ser ta asumsi-asumsinya | | | | | | | | |
| § Memberikan contoh penerapan hukum per- mintaan dan penawar- an dalam kehidupan di masyarakat. | | | | | | | | |
| 3.3. Mendeskripsikan pengertian harga dan jumlah keseimbangan | | |||||||
| § Mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan output dalam keadaan keseimbangan. | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan pengertian elastisitas dan macam-macam elastisitas. | | | | | | | | |
| § Menghitung elastisitas permintaan dan penawaran dengan menggunakan tabel, grafik dan matematis | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan pros- es terbentuknya harga dan output keseimba- ngan dan menggam- barkan grafiknya. | | | | | | | | |
| § Menghitung harga dan output dalam keadaan keseimbangan | | | | | | | | |
| 3.4. Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang | | |||||||
| § Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar output (pasar persaing an sempurna dan pasar persaingan tidak sempurna). | | | | | | | | |
| 3.5. Mendeskripsikan pasar input | | |||||||
| § Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar input | | | | | | | | |
| Jumlah 5 KD | | | ||||||
| KKM ( Ekonomi SK 3) | | |||||||
| STANDAR KOMPETENSI 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi | | |||||||
| 4.1. Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan ekonomi makro | | | | | | | | |
| § Mendeskripsikan perbedaan ekonomi mikro dan ekonomi makro | | | | | | | | |
| § Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro (misal usaha industri kecil) dan ekonomi makro (misal inflasi, pendapatan nasional dll) | | | | | | | | |
| 4.2. Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi | | |||||||
| § Mengidentifikasi Masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi (kemiskinan,pemerataan pendapatan). | | | | | | | | |
| § Mencari pemecahan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. | | | | | | | | |
| Jumlah 2 KD | | | ||||||
| KKM ( Ekonomi SK 4) | | |||||||
............., ............... 2011
Mengetahui
Kepala SMA/MA............. Guru Mata Pelajaran
......................................... ............................
NIP. NIP.
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
MATA PELAJARAN: EKONOMI
Sekolah : SMA/MA ..........
Kelas : X
Semester : II (DUA)
KKM : EKONOMI
| Kompetensi Dasar dan Indikator | Standar Kriteria Ketuntasan Minimal | |||||||||
| Kriteria Penetapan Ketuntasan | Hasil KKM | Nilai KKM % | ||||||||
| Kompleksitas | Daya Dukung | Intake | Pengetahuan | Sikap/Afektif | Jumlah | |||||
| STANDAR KOMPETENSI 5. Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), Pendapatan Nasional (PN) | | |||||||||
| 5.1. Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, PN | | |||||||||
| § Mendeskripsikan konsep PDB, PNB, PNN, PI, pendapatan disposibel (disposible income) | | | | | | | | |||
| § Menghitung pendapatan per kapita. | | | | | | | | |||
| 5.2. Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional | | |||||||||
| § Mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional | | | | | | | | |||
| § Menghitung pendapatan nasional menggunakan pendekatan produksi, pendapatan, dan pengeluaran | | | | | | | | |||
| § Membedakan metode perhitungan pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan, produksi dan pengeluaran. | | | | | | | | |||
| 5.3. Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain | | |||||||||
| § Membandingkan PDB dan pendapatan perkapita Indonesia dengan negara lain | | | | | | | | |||
| 5.4. Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi | | |||||||||
| § Mendeskripsikan pengertian inflasi. | | | | | | | | |||
| § Mengidentifikasi sebab-sebab timbulnya inflasi dan cara mengatasinya | | | | | | | | |||
| § Mengumpulkan informasi terhadap pegawai negeri dan swasta untuk mengetahui dampak inflasi . | | | | | | | | |||
| § Mendeskripsikan indeks harga konsumen dan produsen | | | | | | | | |||
| § Menghitung inflasi dengan indeks harga produsen dan konsumen. | | | | | | | | |||
| Jumlah 4 KD | | | ||||||||
| KKM ( Ekonomi SK 5) | | |||||||||
| STANDAR KOMPETENSI 6. Memahami konsumsi dan investasi | | |||||||||
| 6.1. Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan | | |||||||||
| § Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya | | | | | | | | |||
| § Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya | | | | | | | | |||
| 6.2. Mendeskripsikan kurva permintaan investasi | | |||||||||
| § Memberi contoh beberapa penggunaan fungsi matematis dan statistik dalam analisis ekonomi | | | | | | | | |||
| Jumlah 2 KD | | | ||||||||
| KKM ( Ekonomi SK 6) | | |||||||||
| STANDAR KOMPETENSI 7. Memahami uang dan perbankan | | |||||||||
| 7.1. Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang | | |||||||||
| § Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang | | | | | | | | |||
| § Mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran uang | | | | | | | | |||
| 7.2. Membedakan peran bank umum dan bank sentral | | |||||||||
| § Menguraikan fungsi bank sentral, bank umum, bank syariah dan bank perkreditan rakyat. | | | | | | | | |||
| § Mengidentifikasi cara-cara memanfaatkan produk bank dalam kehidupan sehari-hari. | | | | | | | | |||
| § Mendeskripsikan konsep kredit. | | | | | | | | |||
| § Menguraikan persyaratan yang harus dimiliki calon penerima kredit ( 5 C). | | | | | | | | |||
| 7.3. Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter | | |||||||||
| § Menentukan pengaruh jumlah uang beredar terhadap tingkat harga | | | | | | | | |||
| § Mendeskripsikan kebijakan moneter | | | | | | | | |||
| Jumlah 2 KD | | | ||||||||
| KKM ( Ekonomi SK 4) | | |||||||||
| KKM EKONOMI KELAS X | ||
| NO | KKM EKONOMI | KKM |
| 1 | EKONOMI SK 1 | |
| 2 | EKONOMI SK 2 | |
| 3 | EKONOMI SK 3 | |
| 4 | EKONOMI SK 4 | |
| 5 | EKONOMI SK 5 | |
| 6 | EKONOMI SK 6 | |
| 7 | EKONOMI SK 7 | |
| Jumlah | | |
| Total KKM EKONOMI Kelas X | | |
............., ............... 2011
Mengetahui
Kepala SMA/MA............. Guru Mata Pelajaran
......................................... ............................
NIP. NIP.




0 komentar:
Posting Komentar