Kamis, 10 Mei 2012

RPP EKONOMI KELAS XII SMT II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional

Kompetensi Dasar     : 3.1Menjelaskan unsur-unsur manajemen

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Menjelaskan pengertian manajemen.
2.      Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian manajemen.
b)      Siswa dapat menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Manajemen

C. Uraian Materi
a)      Pengertian manajemen
b)      Jenjang manajemen
c)      Prinsip-prinsip manajemen

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
·   Mencari informasi tentang pengertian manajemen.
·   Mendiskusikan jenjang manajemen.
·   Mencari informasi tentang prinsip-prinsip manajemen.
·   Siswa dapat Menjelaskan pengertian manajemen.
·   Siswa dapat  Menjelaskan jenjang manajemen serta mendeskripsikan arah komando dan pertanggungjawaban di antara jenjang manajemen tersebut.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang manajemen. Kemudian guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai manajemen.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai manajemen sangat penting mengingat peranan manajemen (khususnya pada badan usaha) dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman mengenai manajemen akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan unsur-unsur manajemen. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan jenjang manajemen. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari informasi tentang prinsip-prinsip manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………..










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
                                          nasional

Kompetensi Dasar     : 3.2 Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan
                                            usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
2.      Menjelaskan teori-teori manajemen.
3.      Mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
b)      Siswa dapat menjelaskan teori-teori manajemen.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Fungsi manajemen

C. Uraian Materi
a)      Fungsi-fungsi manajemen
b)      Teori-teori manajemen
c)      Bidang-bidang manajemen

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
·   Mendiskusikan fungsi-fungsi manajemen.
·   Mencari informasi tentang teori-teori manajemen.
·   Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.
·   Siswa dapat  Menjelaskan teori-teori manajemen

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai berbagai kegiatan di masing-masing bidang manajemen. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai fungsi manajemen dalam pengelolaan badan usaha  sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang apa yang harus dilakukan jika terlibat dalam pengelolaan suatu badan usaha kelak.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan fungsi manajemen dalam pengelolaan badan  usaha. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi-fungsi manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mencari informasi tentang teori-teori manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi bidang-bidang manajemen.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 3. Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian
                                    nasional.

Kompetensi Dasar     : 3.3 Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian
                                            Indonesia

Indikator Pencapaian Kompetensi              :
1.      Membedakan badan usaha dan perusahaan.
2.      Mengidentifikasi jenis badan usaha.
3.      Mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.
4.      Menjelaskan fungsi badan usaha.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membedakan badan usaha dan perusahaan.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi jenis badan usaha.
c)      Siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk badan usaha.
d)     Siswa dapat menjelaskan fungsi badan usaha.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Badan usaha

C. Uraian Materi
a)      Pengertian badan usaha
b)      Jenis badan usaha
c)      Berbagai bentuk badan usaha
d)     Fungsi badan usaha
D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami manajemen badan usaha dalam perekonomian nasional
·   Mendiskusikan perbedaan badan usaha dan perusahaan.
·   Mencari informasi tentang jenis dan bentuk badan usaha.
·   Siswa dapat Membedakan badan usaha dan perusahaan.
·   Siswa dapat  Mengidentifikasi jenis badan usaha.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang badan usaha. Kemudian guru memberi penjelasan secara singkat dan jelas tentang badan usaha dan perusahaan serta menguraikan tentang jenis dan bentuk badan usaha.
b. Motivasi
Siswa memahami peran badan usaha dalam perekonomian nasional.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan peran badan usaha dalam perekonomian Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk membedakan badan usaha dan perusahaan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengidentifikasi jenis dan bentuk badan usaha.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan fungsi badan usaha. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar     : 4.1 Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi
                                            sekolah

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
2.      Menjelaskan proses pendirian dan operasionalisai koperasi sekolah.
3.      Menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.

Alokasi Waktu           : 8 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b)      Siswa dapat menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.
c)      Siswa dapat menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Koperasi dan koperasi sekolah

C. Uraian Materi
a)      Pengertian serta landasan, asas, tujuan, fungsi, peran, dan prinsip koperasi
b)      Organisasi dan pengelolaan koperasi
c)      Kehidupan dan usaha pengembangan koperasi
d)     Koperasi sekolah


D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
·   Mengkaji referensi tentang koperasi.
·   Mengkaji referensi tentang proses dan operasionalisasi koperasi sekolah
·   Siswa dapat Menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
·   Siswa dapat Menjelaskan proses pendirian dan operasionalisai koperasi sekolah

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang badan usaha. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan materi yang baru, yakni koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami  tentang arti penting koperasi pada umumnya dan arti penting koperasi sekolah pada khususnya. Kemudian diharapkan dengan pemahaman tersebut, siswa termotivasi untuk aktif dalam kegiatan koperasi sekolah.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan cara pengembangan koperasi dan koperasi sekolah. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan koperasi sebagai badan usaha yang paling cocok di Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c.Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan proses pendirian dan operasionalisasi koperasi sekolah.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menganalisis perbedaan koperasi dengan badan usaha yang lain.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....                  
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar     : 4.2 Menghitung pembagian sisa hasil usaha

Indikator Pencapaian Kompetensi  : Menghitung pembagian sisa hasil usaha

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menghitung pembagian sisa hasil usaha
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Sisa hasil usaha

C. Uraian Materi
a)      Pengertian sisa hasil usaha
b)      Informasi dasar penghitungan sisa hasil usaha
c)      Rumus pembagian sisa hasil usaha
d)     Prinsip-prinsip pembagian sisa hasil usaha
e)      Pembagian sisa hasil usaha per anggota

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
·   Mencari informasi tentang pengertian, penghitungan, dan pembagian sisa hasil usaha.
·   Siswa dapat Menghitung pembagian sisa hasil usaha.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang koperasi. Kemudian guru memberi informasi awal mengenai sisa hasil usaha dalam koperasi.
b. Motivasi
Siswa memahamipembagian sisa hasil usaha.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menghitung pembagian sisa hasil usaha. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang pengertian, penghitungan, dan pembagian sisa hasil usaha.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung pembagian sisa hasil usaha. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                 …, ………20....
Kepala Sekolah ….                                                                    Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                      ………………………
NIP/NRK ………..                                                                      NIP/NRK …………...




















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan

Kompetensi Dasar     : 4.3 Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.
2.      Mengidentifikasi sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan.
3.      Meneliti penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.
4.      Memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar.
5.      Menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam diri.


Alokasi Waktu           : 8 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.
b)      Siswa dapat mengidentifikasi sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan.
c)      Siswa dapat meneliti penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.
d)     Siswa dapat memanfaatkan sumber daya ekonomi di lingkungan sekitar.
e)      Siswa dapat menerapkan sikap dan jiwa wirausaha dalam diri.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Kewirausahaan
C. Uraian Materi
a)      Wirausaha dan wirausahawan
b)       Bidang usaha kegiatan wirausaha
c)       Penelitian kegiatan wirausaha
d)      Perencanaan bisnis wirausaha
e)       Ciri-ciri wirausahawan sukses
f)        Syarat menjadi wirausahawan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami pengelolaan koperasi dan kewirausahaan
·   Mengkaji referensi tentang pengertian wirausaha
·   Siswa dapat Menjelaskan pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa mengenai kewirausahaan. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan mengenai kegiatan wirausaha serta faktor-faktor yang memengaruhi keberhasilan dan kegagalan dalam berwirausaha.
b. Motivasi
Menanamkan jiwa wirausaha dalam diri siswa.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan peran dan jiwa kewirausahaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang pengertian wirausaha dan peranannya terhadap perekonomian nasional, sektor-sektor yang dapat dimasuki oleh seorang wirausahawan, dan penyebab keberhasilan dan kegagalan wirausahawan di lingkungan sekitar.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja individu (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psikomotorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, OHP, dan spidol


Mengetahui                                                                             ………, ………20....
Kepala Sekolah ….                                                                    Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                     ………………………
NIP/NRK ………..                                                                     NIP/NRK …………...


1 komentar:

Vika Anjana mengatakan...

u're good teacher buu :D

Posting Komentar