Kamis, 10 Mei 2012

RPP EKONOMI KELAS XII SMT 1


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.1 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
2.      Memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
3.      Menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
4.      Menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
5.      Menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
6.      Membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
7.      Mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
8.      Membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
9.      Mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.

Alokasi Waktu           : 12 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membedakan antara perusahaan dagang dan perusahaan jasa.
b)      Siswa dapat memahami akun-akun yang lazim digunakan dalam perusahaan dagang.
c)      Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat pembayaran perusahaan dagang.
d)     Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat penyerahan barang.
e)      Siswa dapat menjelaskan istilah rabat dalam perusahaan dagang.
f)       Siswa dapat membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
g)      Siswa dapat mencatat persediaan barang dagang dengan metode FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata.
h)      Siswa dapat membedakan antara sistem perpetual dan periodik.
i)        Siswa dapat mengelompokkan transaksi ke dalam jurnal khusus.
       Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,
                       
B. Materi Pokok
            Pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus

C. Uraian Materi
a)      Pengertian dan ciri-ciri perusahaan dagang
b)      Transaksi, akun-akun, syarat pembayaran, dan syarat penyerahan barang dalam perusahaan dagang
c)      Bukti transaksi
d)     Ilustrasi pencatatan transaksi perusahaan dagang
e)      Persediaan barang dagang
f)       Pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Mencari informasi tentang perusahaan dagang.
·   Siswa dapat Mendiskusikan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang perusahaan dagang. Kemudian guru menguraikan dengan jelas tentang kompetensi dasar dan materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal khusus. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mencari informasi tentang perusahaan dagang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan metode pencatatan FIFO, LIFO, dan biaya rata-rata serta mencatat persediaan barang dagang dengan ketiga metode tersebut. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk membedakan antara sistem perpetual dan periodik.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendiskusikan pengertian, manfaat, dan pengelompokkan transaksi jurnal khusus.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi   (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1.Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.2 Melakukanpostingdari jurnal khusus ke buku besar

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
2.      Memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
b)      Siswa dapat memosting jurnal umum dan khusus ke dalam buku besar utama.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Posting dari jurnal ke buku besar

C. Uraian Materi
a)      Pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan utama
b)      Posting jurnal khusus ke buku besar utama
c)      Posting jurnal umum ke buku besar utama
d)     Ilustrasi pencatatan transaksi pada buku besar pembantu dan buku besar utama

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Melakukan posting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.
·   Siswa dapat Memosting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pencatatan transaksi perusahaan dagang dan jurnal khusus. Kemudian guru menjelaskan bahwa kali ini pencatatan tersebut akan dilanjutkan ke dalam buku besar.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini sangat berguna dalam pemahaman mengenai akuntansi perusahaan dagang lebih lanjut.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Melakukanpostingdari jurnal khusus ke buku besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan posting bukti transaksi ke dalam buku besar pembantu.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan posting jurnal khusus ke buku besar   utama. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan posting jurnal umum ke buku besar utama.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi   (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....                  
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.3 Menghitung hargapokok penjualan

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Menghitung pembelian bersih.
2.      Menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
3.      Menghitung harga pokok penjualan.
                                                                       
Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menghitung pembelian bersih.
b)      Siswa dapat menghitung jumlah barang yang tersedia untuk dijual.
c)      Siswa dapat menghitung harga pokok penjualan.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Harga pokok penjualan

C. Uraian Materi
a)      Penghitungan pembelian bersih
b)      Penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual
c)      Penghitungan harga pokok penjualan

D. Pendekatan
            Kontekstual


E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Melakukan penghitungan harga pokok penjualan.
·   Siswa dapat Menghitung harga pokok penjualan.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengilustrasikan dengan jelas tentang harga pokok penjualan serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Penghitungan harga pokok penjualan sangat penting dalam pembelajaran ilmu akuntansi.
           
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menghitung hargapokok penjualan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk melakukan penghitungan pembelian bersih.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk melakukan penghitungan jumlah barang yang tersedia untuk dijual.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk melakukan penghitungan harga pokok penjualan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                                    ………, ………20....                  
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.4 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
2.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
3.      Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
4.      Menyusun kertas kerja perusahaan dagang.


Alokasi Waktu           : 20 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.
b)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan harga pokok penjualan.
c)      Siswa dapat membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.
d)     Siswa dapat menyusun kertas kerja perusahaan dagang.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang
           

C. Uraian Materi
a)      Neraca saldo
b)      Jurnal penyesuaian perusahaan dagang
c)      Kertas kerja

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi dan pendekatan harga pokok penjualan.
·   Siswa dapat Membuat jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi dan kompetensi dasar yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai materi kali ini mengindiksikan penguasaan standar kompetensi.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan dagang. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang dengan pendekatan ikhtisar laba-rugi dan pendekatan harga pokok penjualan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun jurnal penyesuaian persediaan barang dagang untuk sistem perpetual.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun kertas kerja perusahaan dagang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi   (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol

Mengetahui                                                                                    ………, ………20....                  
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 1. Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 1.5 Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
2.      Menyusun neraca dan laporan arus kas.

Alokasi Waktu           : 14 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
b)      Siswa dapat menyusun neraca dan laporan arus kas.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Laporan keuangan perusahaan dagang

C. Uraian Materi
a)      Laporan laba-rugi
b)      Laporan perubahan modal
c)      Neraca
d)     Laporan arus kas

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Mendiskusikan pembuatan laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.
·   Siswa dapat Menyusun laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya penyusunan laporan keuangan.
b. Motivasi
Laporan keuangan perusahaan dagang antara lain dapat digunakan sebagai sarana evaluasi kegiatan perusahaan dagang tersebut.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menyusun laporan keuangan perusahaan dagang. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan laporan laba-rugi dan laporan perubahan modal.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan neraca dan laporan arus kas. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)


3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi   (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...
















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 2.1 Membuat jurnal penutupan

Indikator Pencapaian Kompetensi  : Membuat jurnal penutup

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membuat jurnal penutup
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Jurnal penutupan

C. Uraian Materi
              Jurnal penutup

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Mendiskusikan pembuatan jurnal penutup
·   Siswa dapat Membuat jurnal penutup.
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi gambaran umum mengenai jurnal penutup.
b. Motivasi
Pemahaman materi kali ini dapat memudahkan pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membuat jurnal penutupan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk mendiskusikan pembuatan jurnal penutup. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Hasil diskusi tersebut kemudian dibahas bersama guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);


G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...






RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 2.2 Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar

  Indikator Pencapaian Kompetensi  : Memosting jurnal penutupan ke buku besar.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat memosting jurnal penutupan ke buku besar.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Posting jurnal penutupan ke buku besar

C. Uraian Materi
Posting jurnal penutupan ke buku besar

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar.
·   Siswa dapat Memosting jurnal penutupan ke buku besar.
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi informasi awal tentang posting jurnal penutupan ke buku besar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai materi kali ini akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Masing-masing kelompok diberi tugas untuk melakukan posting jurnal penutupan ke buku besar.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Hasil diskusi tersebut kemudian dibahas bersama guru. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);                                                                                  
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi    (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);


G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : SMA ….
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : XII (dua belas) / 1

Standar Kompetensi : 2. Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang

Kompetensi Dasar     : 2.3 Membuat neraca saldo setelah penutupan buku

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1.      Menyusun neraca saldo setelah penutupan.
2.      Membuat jurnal pembalik.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menyusun neraca saldo setelah penutupan.
b)      Siswa dapat membuat jurnal pembalik.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik

C. Uraian Materi
a)      Neraca saldo setelah penutupan
b)      Jurnal pembalik

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·      Memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang
·   Mendiskusikan penyusunan neraca saldo setelah penutupan.
·   Siswa dapat Menyusun neraca saldo setelah penutupan.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang posting jurnal penutupan ke buku besar. .Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang neraca saldo setelah penutupan dan jurnal pembalik.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami penutupan siklus akuntansi perusahaan dagang.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membuat neraca saldo setelah penutupan buku. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk Mendiskusikan penyusunan neraca saldo setelah penutupan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendiskusikan penyusunan jurnal pembalik.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)


3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol


Mengetahui                                                                                    ………, ………20....      
Kepala Sekolah ….                                                                       Guru Mata Pelajaran …



…………………...                                                                        ………………………
NIP/NRK ………..                                                                        NIP/NRK …………...



0 komentar:

Poskan Komentar