Kamis, 10 Mei 2012

SILABI/ SILABUS EKONOMI KELAS XI SEMESTER I


SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Alokasi Waktu            : 20 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
1.1 Mengklasifikasi         
      ketenagakerjaan























1.2 Mendeskripsik-an  tujuan          
      pembangunan
      ekonomi
     














1.3 Mendeskripsik-an proses pertumbuhan
      ekonomi






1.4 Mendeskripsik-an       pengangguran        
      beserta
      dampaknya
      terhadap
      pembangunan
      nasional

  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai




















  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai

















  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai





  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai


  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,


















  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,















  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,




  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

·  Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
·  Pengangguran
·  Cara-cara mengatasi pengangguran
·  Usaha peningkatan mutu tenaga kerja
·  Sistem upah yang berlaku di Indonesia








·  Pengertian pembangunan ekonomi
·  Pengertian dan tujuan pembangunan nasional
·  Pola dan tahapan pembangunan nasional
· Keberhasilan dan    kegagalan    pembangunan    ekonomi Indonesia







·    Arti pertumbuhan ekonomi
·    Teori pertumbuhan ekonomi
·  Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi

· Dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional

·    Mencari informasi tentang pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
·    Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
·    Mendiskusikan masalah pengangguran dan cara-cara mengatasinya.
·  Mendiskusikan usaha peningkatan mutu tenaga kerja dan sistem upah yang berlaku di Indonesia.
·  Mencari informasi tentang pengertian pembangunan ekonomi.
·  Mencari informasi tentang pengertian dan tujuan pembangunan nasional.
·  Mencari informasi tentang pola dan tahapan pembangunan nasional.
·  Mendiskusikan keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.
·    Mengumpulkan informasi tentang pengertian dan teori pertumbuhan ekonomi.
·    Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.

·    Mendikusikan dampak
 pengangguran terhadap
 pembangunan nasional.
·   Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
·  Menjelaskan penyebab pengangguran.
·  Menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
·  Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.
·  Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.

·  Menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
·  Menilai kondisi perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
·  Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
·  Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.

·    Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
·    Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.

·    Menjelaskan
 dampak
 pengangguran
 terhadap
 pembangunan
 nasional.

Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).

Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
8 x 45 menit























4 x 45 menit

















4 x 45 menit








4 x 45
menit






Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan



Mengetahui,                                                                                                                                          2011
Kepala SMA                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
                       



NIP.                                                                                                                                                    NIP.   

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 2. Memahami APBNdan APBD
Alokasi Waktu            : 14 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
2.1 Menjelaskan       pengertian,  fungsi,       tujuan APBN dan
      APBD


2.2 Mengidentifi-kasi      sumber-sumber       penerimaan       pemerintah pusat  dan pemerintah       daerah

2.3    Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal



2.4 Mengidentifi-kasi  jenis-jenis
      pengeluaran
      pemerintah pusat   dan pemerintah
      daerah
  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai




  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai





  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai



  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai


  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,


  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,



  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

· Pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD




· Pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD





·Pengertian,tujuan, macam-macam kebijakan fiskal



· Pengeluaran negara dalam APBN/APBD
· Mencari informasi tentang pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD.


·  Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD.


·    Mengkaji referensi untuk menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia.

·    Mengkaji referensi tentang pengeluaran negara dalam APBN/APBD


·  Menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran bagi pemerintah pusat dan daerah.


·  Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD.




·    Menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia.



·  Mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN/APBD

Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).

Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian
obyektif, uraian
bebas, skala sikap

2 x 45 menit




4 x 45 menit







6 x 45 menit






2 x 45 menit

Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan

Mengetahui,                                                                                                                                          2011
Kepala SMA                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
                       



NIP.                                                                                                                                                    NIP.   











SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 3. Mengenal pasar modal
Alokasi Waktu            : 10 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
3.1    Mengenal jenis produk dalam bursa efek




3.2    Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek


  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai

  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai
  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,
·    Pengertian dan fungsi pasar modal
·    Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan pasar modal

·  Pasar Modal di Indonesia
·  Investasi pada sekuritas
·    Mengkaji referensi tentang pasar modal



·   Mensimulasi mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.
·    Mengkaji referensi tentang investasi pada sekuritas

·    Menjelaskan pengertian dan fungsi pasar modal.
·    Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan pasar modal.
·  Mendeskripsikan mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.
·  Menjelaskan pengertian sekuritas serta membedakan saham dan obligasi.
·  Menjelaskan proses investasi pada sekuritas.
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian
bebas, skala sikap
4 x 45 menit






6 x 45 menit




Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan
Mengetahui,                                                                                                                                          2011
Kepala SMA                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
                       



NIP.                                                                                                                                                    NIP.   

SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah             :  
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas/Program             : XI
Semester                      : 1
Standar Kompetensi   : 4. Memahami perekonomian terbuka
Alokasi Waktu            : 16 x 45 menit
Kompetensi Dasar
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
Materi Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Alokasi Waktu (menit)
Sumber/ Bahan/ Alat
4.1    Mengidentifikasi manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional














4.2    Mengidentifika-si kurs tukar valuta asing dan neraca pembayaran


4.3    Menjelaskan       konsep tarif, kuota,      larangan ekspor,       larangan impor,      subsidi, premi,      diskriminasi harga
      dan dumping



  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai
















  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai


  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai



  Kerja keras
  Jujur
  saling menghargai


  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,















  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,


  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

  Kerja keras.
  Jujur.
  saling menghargai orang lain
  inovatif,

·    Faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional
·     Manfaat perdagangan internasional
·    Teori-teori perdagangan internasional
·    Dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi
·    Devisa




·    Kurs
·    Pembayaran internasional




·    Pengertian kebijakan perdagangan internasional
·    Jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional




·    Mengkaji referensi tentang faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.
·    Mendikusikan manfaat perdagangan internasional.
·  Mengkaji referensi tentang teori-teori perdagangan internasional.
·  Mengkaji referensi dan mendikusikan dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
·    Mencari informasi tentang devisa.
·  Mencari informasi tentang pengertian kurs dan perubahannya.
·  Menghitung nilai tukar valuta berdasarkan kurs yang berlaku.
·  Mencari informasi tentang perkembangan nilai rupiah terhadap valuta asing.
·  Cara dan alat pembayaran internasional.

·    Mengkaji referensi tentang pengertian dan jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
·    Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.
·    Menjelaskan manfaat perdagangan internasional
·  Menjelaskan teori-teori perdagangan internasional.
·  Menganalisis dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
·  Menjelaskan konsep devisa

·  Mendeskripsikan pembayaran internasional.







·    Mendeskrpsikan kebijakan perdagangan internasional

Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif, uraian bebas, skala sikap
8 x 45 menit


















6 x 45 menit













2 x 45 menit
Buku Ekonomi   dan sumber lain yang relevan

Mengetahui,                                                                                                                                          2011
Kepala SMA                                                                                                                                       Guru Mata Pelajaran
                       



NIP.                                                                                                                                                    NIP.   

0 komentar:

Posting Komentar