Kamis, 10 Mei 2012

RPP EKONOMI BERKARAKTER KELAS X SMT II


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.

Kompetensi Dasar     : 4.1     Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi      makro.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1. Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro
2. Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro
3. Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro.
c)      Siswa dapat memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Ekonomi mikro dan makro

C. Uraian Materi
a)      Pengertian ekonomi mikro dan makro
b)      Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan


Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
·   Pengertian ekonomi mikro dan makro
·    Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro
·   Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro melalui referensi.
·   Siswa dapat  Mendiskusikan perbedaan ekonomi mikro dan makro.
·   Siswa dapat  Memberi contoh ekonomi mikro dan masyarakat di lingkungannya.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan tentang pembagian ilmu ekonomi menjadi ekonomi mikro dan makro. Kemudian guru menguraikan pengertian dari ekonomi mikro dan makro serta perbedaan antara keduanya.
b. Motivasi
Ekonomi mikro dan makro merupakan ilmu ekonomi yang penting untuk dipelajari karena dapat membantu individu, masyarakat dan pemerintah dalam merumuskan kebijakan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang isu-isu yang termasuk ke dalam ekonomi mikro.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang isu-isu yang termasuk ke dalam ekonomi makro.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi.

Kompetensi Dasar     : 4.2     Mendeskripsikan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di      bidang ekonomi.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1. Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi                             pemerintah di bidang ekonomi.
2. Mendeskripsikan cara mengatasi masalah-masalah di                       bidang ekonomi.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
b)      Siswa dapat mendeskripsikan cara mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah

C. Uraian Materi
a)      Pertumbuhan ekonomi
b)      Inflasi
c)      Pengangguran
d)     Kemiskinan
e)      Defisit anggaran pemerintah
f)       Utang luar negeri
D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
Studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
·   Memecahkan masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui diskusi.
·   Siswa dapat Mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui pengamatan di lingkungan sekitar.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang kompetensi dasar yang harus dicapai dan esensi dari materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Kebijakan ekonomi pemerintah adalah penerapan ilmu ekonomi.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Memahami masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa diberi tugas untuk mengumpulkan informasi tentang masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah melalui studi pustaka, kemudian siswa membuat esai tentang masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi pemerintah. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5.       Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik         Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB),            dan Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN.

Indikator Pencapaian Kompetensi  : Mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN
                                                              Menghitung pendapatan per kapita

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN serta menghitung          pendapatan per kapita.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Pendapatan nasional

C. Uraian Materi
a)      PDB
b)      PDRB
c)      PNB
d)     PN
e)      Pendapatan per kapita

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
·   Menghitung pendapatan per kapita berdasarkan data BPS.
·   Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI melalui referensi.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang pendapatan nasional dengan cara menghubungkannya dengan pendapatan orang tuanya atau pendapatan masyarakat sekitar.
b. Motivasi
Pemahaman tentang pendapatan nasional akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan PDB.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan PDRB.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan PNB.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan PN.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5.       Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik         Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan     Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional.

Indikator Pencapaian Kompetensi  : Mengidentifikasi manfaat dan melakukan perhitungan                                  pendapatan nasional.

Alokasi Waktu           : 1 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dan melakukan perhitungan pendapatan nasional.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Perhitungan pendapatan nasional

C. Uraian Materi
a)      Manfaat perhitungan pendapatan nasional
b)      Menghitung pendapatan nasional

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan





Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
·   Manfaat penghitungan pendapatan nasional
·Siswa dapat Mengidentifikasi manfaat penghitungan pendapatan nasional melalui referensi.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang konsep pendapatan nasional. Kemudian guru menjelaskan cara-cara perhitungan pendapatan nasional.
b. Motivasi
Perhitungan pendapatan nasional sangat penting mengingat pendapatan nasional adalah salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi kesejahteraan suatu negara.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan manfaat perhitungan pendapatan nasional. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan produksi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  











RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5.       Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik         Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan     Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.

Indikator Pencapaian Kompetensi  : Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita                                       Indonesia dengan negara lain.

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara    lain.
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            PDB dan pendapatan per kapita

C. Uraian Materi
            Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan





Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
·Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.
·Siswa dapat Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain melalui referensi.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa dengan mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pendapatan nasional dan mengarahkan pemikiran pada kompetensi dasar.
b. Motivasi
Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lainnya dapat mengingatkan kita pada ketertinggalan negara kita sekaligus memicu semangat untuk turut serta membangun dan mengatasi ketertinggalan tersebut.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
     Siswa diminta untuk mengamati data PDB dan pendapatan per kapita beberapa negara, kemudian membandingkan data tersebut dengan data PDB dan pendapatan per kapita Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol



Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 5.       Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik         Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan     Pendapatan Nasional (PN).

Kompetensi Dasar     : 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi.

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1. Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
2. Menghubungkan indeks harga dengan inflasi
3. Mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi
4. Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara  mengatasi inflasi
5. Menghitung angka inflasi

Alokasi Waktu           : 3 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
b)      Siswa dapat menghubungkan indeks harga dengan inflasi
c)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi
d)     Siswa dapat mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
e)      Siswa dapat menghitung angka inflasi
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Indeks harga dan inflasi

C. Uraian Materi
a)      Pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
b)      Hubungan indeks harga dengan inflasi
c)      Pengertian dan jenis-jenis inflasi
d)     Penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
e)      Perhitungan angka inflasi

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
·Pengertian dan hubungan indeks harga dan inflasi
·Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar. Kemudian siswa dipersilahkan melihat tayangan yang berhubungan dengan inflasi.        
b. Motivasi
     Indeks harga dan inflasi adalah salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi perekonomian suatu negara yang senantiasa menjadi perhatian seluruh masyarakat.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan indeks harga dan inflasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian indeks harga, indeks harga konsumen, dan inflasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghubungkan indeks harga dengan inflasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d.Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis-jenis inflasi dan mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung angka inflasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, LCD dan spidol

Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi

Kompetensi Dasar     : 6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1. Menggunakan fungsi konsumsi dan cara                                              menggambarkannya
2. Menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya

Alokasi Waktu           : 6 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
b)      Siswa dapat menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan

C. Uraian Materi
a)      Fungsi konsumsi
b)      Fungsi tabungan

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan




Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsumsi dan investasi.
·        Fungsi konsumsi
·        Fungsi tabungan
·        Siswa dapat Menentukan MPC, APC, MPS, dan APS dengan fungsi matematis serta menggunakan kurva.
·        Siswa dapat  Menggambar kurva fungsi konsumsi dan fungsi tabungan.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
     Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan menggambarkan bagaimana pendapatan dialokasikan.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan fungsi tabungan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi konsumsi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi tabungan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d.Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol




Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  





RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi

Kompetensi Dasar     : 6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

Indikator Pencapaian Kompetensi  : 1. Mendeskripsikan pengertian investasi
                        2. Mendeskripsikan fungsi investasi
                          3. Mendeskripsikan kurva permintaan investasi

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian investasi
b)      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi investasi
c)      Siswa dapat mendeskripsikan kurva permintaan investasi
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Kurva permintaan investasi

C. Uraian Materi
a)      Pengertian investasi
b)      Fungsi investasi
c)      Kurva permintaan investasi

D. Pendekatan
            Kontekstual

E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan



Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami konsumsi dan investasi.
·        pengertian Kurva permintaan investasi
·        Siswa dapat Mendeskripsikan kurva permintaan investasi melalui referensi.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
     Investasi merupakan salah satu penentu nilai pendapatan nasional.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan kurva permintaan investasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian dan fungsi investasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan kurva permintaan investasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)




3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol




Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang

Indikator Pencapaian Kompetensi  : 1. Mendeskripsikan pengertian uang
                        2. Mengidentifikasi fungsi uang
                          3. Mendeskripsikan permintaan uang
                          4. Mendeskripsikan penawaran uang

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian uang
b)      Siswa dapat mendeskripsikan fungsi uang
c)      Siswa dapat mendeskripsikan permintaan uang
d)     Siswa dapat mendeskripsikan penawaran uang
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Permintaan dan penawaran uang

C. Uraian Materi
a)      Pengertian uang
b)      Fungsi uang
c)      Permintaan uang
d)     Penawaran uang

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami uang dan perbankan
·        pengertian dan fungsi uang melalui referensi
·   Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian permintaan dan penawaran uang dan menggambarkan kurvanya.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan uang.
b. Motivasi
     Uang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan konsep permintaan dan penawaran uang. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian uang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan fungsi uang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan permintaan uang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan penawaran uang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks, LCD dan spidol



Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  










RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.2 Membedakan peran bank umum dan bank sentral

Indikator Pencapaian Kompetensi  :
1. Mendeskripsikan pengertian bank
2. Menguraikan fungsi bank sentral
3. Menguraikan fungsi bank umum
4. Menguraikan fungsi bank syariah
5. Menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
6. Mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
7. Mengidentifikasi produk-produk perbankan
8. Menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
9. Menguraikan 5C
10. Mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah

Alokasi Waktu           : 4 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan pengertian bank
b)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank sentral
c)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank umum
d)     Siswa dapat menguraikan fungsi bank syariah
e)      Siswa dapat menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
f)       Siswa dapat mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
g)      Siswa dapat mengidentifikasi produk-produk perbankan
h)      Siswa dapat menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
i)        Siswa dapat menguraikan 5C
j)        Siswa dapat mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,
B. Materi Pokok
            Bank dan lembaga keuangan bukan bank

C. Uraian Materi
a)      Pengertian bank
b)      Fungsi bank
c)      Peran bank umum dan bank sentral
d)     Produk-produk perbankan
e)      5C
f)       kebaikan dan keburukan kredit

D. Pendekatan
            Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami uang dan perbankan
·        Pengertian bank
·         Fungsi bank.
·   Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian, jenis, dan fungsi bank, serta cara memanfaatkan produk perbankan bagi siswa dan pengusaha melalui diskusi dan studi lapangan.

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar. Kemudian guru mempersilahkan siswa untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan kegiatan bank.
b. Motivasi
     Bank sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki fungsi yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membedakan peran bank umum dan bank sentral. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian dan fungsi bank. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan perbedaan peran bank umum dan bank sentral.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengidentifikasi produk-produk perbankan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan jenis dan fungsi lembaga keuangan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menguraikan 5C.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h.Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.


G. Sumber dan Alat
            Buku teks, LCD dan spidol

Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)


Sekolah                       : 
Mata Pelajaran            : Ekonomi
Kelas / Semester          : X (sepuluh) / 2

Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan

Kompetensi Dasar     : 7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter

Indikator Pencapaian Kompetensi  : 1. Mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
                        2. Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan                                       moneter

Alokasi Waktu           : 2 x 45 menit

A. Tujuan Pembelajaran
a)      Siswa dapat mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
b)      Siswa dapat mendeskripsikan kebijakan moneter
  Karakter siswa yang diharapkan  : 
§   Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
  Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif   : 
§   Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain,  , inovatif,

B. Materi Pokok
            Kebijakan pemerintah di bidang moneter

C. Uraian Materi
a)      Tujuan kebijakan moneter
b)      Kebijakan moneter pasar terbuka
c)      Kebijakan moneter diskonto
d)     Kebijakan moneter cadangan kas
e)      Kebijakan moneter dorongan moral

D. Pendekatan
            Kontekstual


E. Metode Pembelajaran
            Diskusi kelompok dan studi kepustakaan

Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
Terstruktur
Mandiri
·        Memahami Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
·Merumuskan kebijakan melalui referensi.
·Siswa dapat Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter

F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
     Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
     Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh bank sentral untuk memperbaiki keadaan ekonomi dengan cara mengubah jumlah uang beredar. Siswa sudah semestinya mempelajari tentang kbijakan moneter.

2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter pasar terbuka.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter diskonto.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter cadangan kas.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan kebijakan moneter dorongan moral.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)

3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
  • Hasil kerja kelompok (kognitif)
  • Lembar pengamatan (afektif)
  • Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi  (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.

G. Sumber dan Alat
            Buku teks dan spidol




Mengetahui                                                                               2011
Kepala                                                                                     Guru Mata Pelajaran Ekonomi



NIP.                                                                                        NIP.  

0 komentar:

Posting Komentar