RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam
bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : 4.1 Mendeskripsikan
perbedaan antara ekonomi mikro dan ekonomi makro.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan
makro
2. Mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro
dan makro
3. Memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi
mikro dan makro
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian ekonomi mikro dan makro.
b)
Siswa
dapat mendeskripsikan perbedaan antara ekonomi mikro dan makro.
c)
Siswa
dapat memberi contoh di masyarakat tentang ekonomi mikro dan makro.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Ekonomi mikro dan
makro
C. Uraian Materi
a) Pengertian ekonomi mikro dan makro
b) Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
|
·
Pengertian
ekonomi mikro dan makro
·
Perbedaan antara ekonomi mikro dan makro
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian
ekonomi mikro dan makro melalui referensi.
· Siswa dapat Mendiskusikan perbedaan ekonomi mikro dan
makro.
· Siswa dapat Memberi contoh ekonomi mikro dan masyarakat
di lingkungannya.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan tentang pembagian ilmu
ekonomi menjadi ekonomi mikro dan makro. Kemudian guru menguraikan pengertian
dari ekonomi mikro dan makro serta perbedaan antara keduanya.
b. Motivasi
Ekonomi mikro dan makro merupakan ilmu ekonomi yang penting untuk
dipelajari karena dapat membantu individu, masyarakat dan pemerintah dalam
merumuskan kebijakan ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan perbedaan
antara ekonomi mikro dan ekonomi makro. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua
kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mengumpulkan informasi tentang isu-isu yang termasuk ke dalam ekonomi mikro.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mengumpulkan informasi tentang isu-isu yang termasuk ke dalam ekonomi makro.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 4. Memahami kebijakan pemerintah dalam
bidang ekonomi.
Kompetensi Dasar : 4.2 Mendeskripsikan
masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang
ekonomi.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mengidentifikasi masalah-masalah yang
dihadapi pemerintah di bidang ekonomi.
2. Mendeskripsikan cara mengatasi
masalah-masalah di bidang ekonomi.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat mengidentifikasi masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang
ekonomi.
b)
Siswa
dapat mendeskripsikan cara mengatasi masalah-masalah di bidang ekonomi.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Masalah
ekonomi yang dihadapi pemerintah
C. Uraian Materi
a) Pertumbuhan ekonomi
b) Inflasi
c) Pengangguran
d) Kemiskinan
e) Defisit anggaran pemerintah
f) Utang luar negeri
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
kebijakan pemerintah dalam bidang ekonomi
|
· Memecahkan masalah-masalah yang dihadapi
pemerintah di bidang ekonomi melalui diskusi.
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi
masalah-masalah yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi melalui pengamatan
di lingkungan sekitar.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
kompetensi dasar yang harus dicapai dan esensi dari materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Kebijakan ekonomi pemerintah adalah penerapan ilmu
ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Memahami masalah-masalah
yang dihadapi pemerintah di bidang ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa diberi tugas
untuk mengumpulkan informasi tentang masalah ekonomi yang dihadapi pemerintah
melalui studi pustaka, kemudian siswa membuat esai tentang masalah ekonomi yang
dihadapi pemerintah. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran
dan majalah yang berkaitan dengan kebijakan ekonomi pemerintah. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional
Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan
Pendapatan Nasional (PN).
Kompetensi Dasar : 5.1 Menjelaskan konsep PDB, PDRB, PNB,
dan PN.
Indikator Pencapaian
Kompetensi : Mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB, dan PN
Menghitung pendapatan per kapita
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan konsep PDB, PDRB, PNB,
dan PN serta menghitung pendapatan
per kapita.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pendapatan
nasional
C. Uraian Materi
a) PDB
b) PDRB
c) PNB
d) PN
e) Pendapatan per kapita
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
|
· Menghitung pendapatan per kapita
berdasarkan data BPS.
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian
PDB, PDRB, PNB, PN (NNI), PI, dan DI melalui referensi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa
tentang pendapatan nasional dengan cara menghubungkannya dengan pendapatan
orang tuanya atau pendapatan masyarakat sekitar.
b. Motivasi
Pemahaman tentang pendapatan nasional akan
mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan konsep PDB,
PDRB, PNB, dan PN. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan PDB.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan
PDRB.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mendeskripsikan PNB.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan PN.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional
Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Kompetensi Dasar : 5.2 Menjelaskan manfaat perhitungan
pendapatan nasional.
Indikator Pencapaian Kompetensi : Mengidentifikasi manfaat dan melakukan
perhitungan pendapatan nasional.
Alokasi Waktu : 1 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat dan melakukan
perhitungan pendapatan nasional.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Perhitungan
pendapatan nasional
C. Uraian Materi
a) Manfaat perhitungan pendapatan nasional
b) Menghitung pendapatan nasional
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
|
· Manfaat penghitungan pendapatan nasional
|
·Siswa dapat Mengidentifikasi manfaat
penghitungan pendapatan nasional melalui referensi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang konsep pendapatan nasional. Kemudian guru menjelaskan cara-cara
perhitungan pendapatan nasional.
b. Motivasi
Perhitungan pendapatan nasional sangat penting
mengingat pendapatan nasional adalah salah satu Indikator Pencapaian Kompetensi
kesejahteraan suatu negara.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan manfaat
perhitungan pendapatan nasional. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras,
Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mengidentifikasi manfaat perhitungan pendapatan nasional.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung
pendapatan nasional dengan pendekatan pendapatan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menghitung
pendapatan nasional dengan pendekatan produksi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung
pendapatan nasional dengan pendekatan pengeluaran.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional
Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Kompetensi Dasar : 5.3 Membandingkan PDB dan pendapatan per
kapita Indonesia dengan negara lain.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat membandingkan PDB dan pendapatan per
kapita Indonesia dengan negara lain.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
PDB
dan pendapatan per kapita
C. Uraian Materi
Membandingkan
PDB dan pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
|
·Membandingkan PDB dan pendapatan per
kapita Indonesia dengan negara lain.
|
·Siswa dapat Membandingkan PDB dan
pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain melalui referensi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa dengan
mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan pendapatan nasional dan
mengarahkan pemikiran pada kompetensi dasar.
b. Motivasi
Membandingkan PDB dan pendapatan per kapita
Indonesia dengan negara lainnya dapat mengingatkan kita pada ketertinggalan
negara kita sekaligus memicu semangat untuk turut serta membangun dan
mengatasi ketertinggalan tersebut.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membandingkan PDB dan
pendapatan per kapita Indonesia dengan negara lain. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diminta untuk mengamati data PDB dan pendapatan per kapita
beberapa negara, kemudian membandingkan data tersebut dengan data PDB dan
pendapatan per kapita Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional
Bruto (PDRB), Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
Kompetensi Dasar : 5.4 Mendeskripsikan indeks harga dan
inflasi.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pengertian indeks harga
dan indeks harga konsumen
2. Menghubungkan indeks harga dengan
inflasi
3. Mendeskripsikan pengertian dan
jenis-jenis inflasi
4. Mengidentifikasi penyebab, dampak, dan
cara-cara mengatasi inflasi
5. Menghitung angka inflasi
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian indeks harga dan indeks harga konsumen
b)
Siswa
dapat menghubungkan indeks harga dengan inflasi
c)
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian dan jenis-jenis inflasi
d)
Siswa
dapat mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi inflasi
e)
Siswa
dapat menghitung angka inflasi
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Indeks
harga dan inflasi
C. Uraian Materi
a) Pengertian indeks harga dan indeks harga
konsumen
b) Hubungan indeks harga dengan inflasi
c) Pengertian dan jenis-jenis inflasi
d) Penyebab, dampak, dan cara-cara mengatasi
inflasi
e) Perhitungan angka inflasi
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
|
·Pengertian dan hubungan indeks harga dan inflasi
|
·Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian
indeks harga dan indeks harga konsumen.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan
Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar. Kemudian siswa
dipersilahkan melihat tayangan yang berhubungan dengan inflasi.
b. Motivasi
Indeks harga dan inflasi adalah salah satu Indikator Pencapaian
Kompetensi perekonomian suatu negara yang senantiasa menjadi perhatian seluruh
masyarakat.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan indeks
harga dan inflasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan pengertian indeks harga, indeks harga konsumen, dan inflasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghubungkan
indeks harga dengan inflasi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d.Kelompok ketiga diberi tugas untuk mendeskripsikan
jenis-jenis inflasi dan mengidentifikasi penyebab, dampak, dan cara-cara
mengatasi inflasi.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menghitung
angka inflasi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks, LCD dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar : 6.1 Mendeskripsikan fungsi konsumsi dan
fungsi tabungan
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
2. Menggunakan fungsi tabungan dan cara
menggambarkannya
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat menggunakan fungsi konsumsi dan cara menggambarkannya
b)
Siswa
dapat menggunakan fungsi tabungan dan cara menggambarkannya
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Fungsi
konsumsi dan fungsi tabungan
C. Uraian Materi
a) Fungsi konsumsi
b) Fungsi tabungan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsumsi dan investasi.
|
·
Fungsi
konsumsi
·
Fungsi
tabungan
|
·
Siswa
dapat Menentukan MPC, APC, MPS, dan APS dengan fungsi matematis serta
menggunakan kurva.
·
Siswa
dapat Menggambar kurva fungsi konsumsi
dan fungsi tabungan.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan
Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Fungsi konsumsi dan fungsi tabungan menggambarkan bagaimana
pendapatan dialokasikan.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan fungsi
konsumsi dan fungsi tabungan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan fungsi konsumsi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan
fungsi tabungan.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d.Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 6. Memahami konsumsi dan investasi
Kompetensi Dasar : 6.2 Mendeskripsikan kurva permintaan
investasi
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mendeskripsikan pengertian investasi
2. Mendeskripsikan fungsi investasi
3. Mendeskripsikan kurva permintaan investasi
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian investasi
b)
Siswa
dapat mendeskripsikan fungsi investasi
c)
Siswa
dapat mendeskripsikan kurva permintaan investasi
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kurva
permintaan investasi
C. Uraian Materi
a) Pengertian investasi
b) Fungsi investasi
c) Kurva permintaan investasi
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsumsi dan investasi.
|
·
pengertian
Kurva permintaan investasi
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan
kurva permintaan investasi melalui referensi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru
menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian
Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Investasi merupakan salah satu penentu nilai
pendapatan nasional.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan kurva
permintaan investasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua
kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan pengertian dan fungsi investasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mendeskripsikan kurva permintaan investasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi
(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : 7.1 Menjelaskan konsep permintaan dan
penawaran uang
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mendeskripsikan pengertian uang
2. Mengidentifikasi fungsi uang
3. Mendeskripsikan permintaan uang
4. Mendeskripsikan penawaran uang
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian uang
b)
Siswa
dapat mendeskripsikan fungsi uang
c)
Siswa
dapat mendeskripsikan permintaan uang
d)
Siswa
dapat mendeskripsikan penawaran uang
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Permintaan
dan penawaran uang
C. Uraian Materi
a) Pengertian uang
b) Fungsi uang
c) Permintaan uang
d) Penawaran uang
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
uang dan perbankan
|
·
pengertian
dan fungsi uang melalui referensi
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian
permintaan dan penawaran uang dan menggambarkan kurvanya.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan
Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar. Kemudian guru
mempersilahkan siswa untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan uang.
b. Motivasi
Uang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki
fungsi yang sangat penting dalam kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan
konsep permintaan dan penawaran uang. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan pengertian uang.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan
fungsi uang.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mendeskripsikan permintaan uang.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan penawaran uang.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks, LCD dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : 7.2 Membedakan peran bank umum dan bank
sentral
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pengertian bank
2. Menguraikan fungsi bank sentral
3. Menguraikan fungsi bank umum
4. Menguraikan fungsi bank syariah
5. Menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
6. Mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
7. Mengidentifikasi produk-produk perbankan
8. Menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
9. Menguraikan 5C
10. Mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat mendeskripsikan pengertian bank
b)
Siswa
dapat menguraikan fungsi bank sentral
c)
Siswa
dapat menguraikan fungsi bank umum
d)
Siswa
dapat menguraikan fungsi bank syariah
e)
Siswa
dapat menguraikan fungsi bank perkreditan rakyat
f)
Siswa
dapat mengidentifikasi peran bank umum dan bank sentral
g)
Siswa
dapat mengidentifikasi produk-produk perbankan
h)
Siswa
dapat menyebutkan jenis dan fungsi lembaga keuangan
i)
Siswa
dapat menguraikan 5C
j)
Siswa
dapat mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Bank
dan lembaga keuangan bukan bank
C. Uraian Materi
a) Pengertian bank
b) Fungsi bank
c) Peran bank umum dan bank sentral
d) Produk-produk perbankan
e) 5C
f) kebaikan dan keburukan kredit
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
uang dan perbankan
|
·
Pengertian
bank
·
Fungsi bank.
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian,
jenis, dan fungsi bank, serta cara memanfaatkan produk perbankan bagi siswa
dan pengusaha melalui diskusi dan studi lapangan.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai
dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar. Kemudian guru
mempersilahkan siswa untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan kegiatan
bank.
b. Motivasi
Bank sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari dan memiliki fungsi yang sangat
penting dalam kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membedakan
peran bank umum dan bank sentral. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan pengertian dan fungsi bank. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan
perbedaan peran bank umum dan bank sentral.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mengidentifikasi produk-produk perbankan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan jenis dan fungsi lembaga keuangan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menguraikan
5C.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk
mendeskripsikan kebaikan dan keburukan kredit bagi nasabah.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
h.Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD dan
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 2
Standar Kompetensi : 7. Memahami uang dan perbankan
Kompetensi Dasar : 7.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah
di bidang moneter
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mendeskripsikan tujuan kebijakan
moneter
2. Mendeskripsikan kebijakan dan instrumen kebijakan moneter
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat mendeskripsikan tujuan kebijakan moneter
b)
Siswa
dapat mendeskripsikan kebijakan moneter
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebijakan pemerintah di bidang moneter
C. Uraian Materi
a) Tujuan kebijakan moneter
b) Kebijakan moneter pasar terbuka
c) Kebijakan moneter diskonto
d) Kebijakan moneter cadangan kas
e) Kebijakan moneter dorongan moral
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
Produk Domestik Bruto (PDB), Produk Domestik Regional Bruto (PDRB),
Pendapatan Nasional Bruto (PNB), dan Pendapatan Nasional (PN).
|
·Merumuskan kebijakan melalui referensi.
|
·Siswa dapat Mendeskripsikan kebijakan
dan instrumen kebijakan moneter
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan
Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Kebijakan moneter adalah kebijakan yang dilakukan oleh bank
sentral untuk memperbaiki keadaan ekonomi dengan cara mengubah jumlah uang
beredar. Siswa sudah semestinya mempelajari tentang kbijakan moneter.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat
Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang moneter. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan kebijakan moneter pasar terbuka.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan
kebijakan moneter diskonto.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mendeskripsikan kebijakan moneter cadangan kas.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan kebijakan moneter dorongan moral.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar