RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.1 Mendeskripsikan akuntansi sebagai sistem informasi
Indikator Pencapaian Kompetensi: 1. Mendeskripsikan akuntansi
sebagai sistem informasi.
2. Menjelaskan syarat-syarat kualitas
sistem informasi.
3. Membedakan
antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal
4. Menjelaskan bidang-bidang dalam akuntansi.
5. Menjelaskan bidang-bidang profesi dalam akuntansi.
6. Menghubungkan prinsip etika profesi akuntan dengan kenyataan pelanggaran etika yang terjadi
7. Menjelaskan
kegunaan SAK bagi akuntan.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan akuntansi
sebagai sistem informasi.
b) Siswa dapat menjelaskan syarat-syarat
kualitas sistem informasi.
c) Siswa dapatmembedakan
antara pemakai informasi akuntansi internal dan eksternal.
d) Siswa dapatmenjelaskan
bidang-bidang dalam akuntansi.
e) Siswa dapatmenjelaskan
bidang-bidang profesi dalam akuntansi.
f) Siswa dapatmenghubungkan
prinsip etika profesi akuntan dengankenyataan pelanggaran etika yang terjadi.
g) Siswa dapatmenjelaskan
kegunaan SAK bagi akuntan.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Akuntansi
sebagai sistem informasi
C. Uraian Materi
a) Akuntansi sebagai sistem informasi
b) Kualitas informasi akuntansi
c) Pemakai informasi akuntansi
d) Bidang akuntansi
e) Bidang profesi akuntansi
f) Etika profesi akuntan
g) Standar Akuntansi Keuangan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
·Mengkaji referensi tentang pengertian
dan jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
|
· Siswa dapat Mendeskripsikan akuntansi
sebagai sistem informasi.
· Siswa dapat Menjelaskan syarat-syarat kualitas sistem
informasi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan singkat tentang
kompetensi dasar yang harus dicapai dan esensi dari materi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai akuntansi sebagai sistem
informasi sangat penting agar siswa terdorong untuk mempelajari ilmu akuntansi
lebih lanjut.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan
akuntansi sebagai sistem informasi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diberi tugas untuk membuat ringkasan tentang
akuntansi sebagai sistem informasi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja individu (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK
…………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.2 Menafsirkan persamaan akuntansi
Indikator Pencapaian Kompetensi: 1.
Menggolongkan suatu transaksi keuangan menurut
pihak yang melakukan transaksi tersebut.
2. Membedakan antara
transaksi modal dan usaha.
3. Memahami persamaan
akuntansi.
4. Menghitung besarnya
modal akhir.
5. Menyusun laporan
laba- rugi, laporan perubahan modal, dan neraca.
6. Menyusun laporan arus
kas metode langsung dan tidak langsung
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menggolongkan suatu transaksi
keuangan menurut pihak yang melakukan transaksi tersebut.
b) Siswa dapat membedakan antara transaksi
modal dan usaha.
c) Siswa dapat memahami persamaan akuntansi.
d) Siswa dapat menghitung besarnya modal
akhir.
e) Siswa dapat menyusun laporan laba- rugi,
laporan perubahan modal, danneraca.
f) Siswa dapat menyusun laporan arus kas
metode langsung dan tidak langsung.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Persamaan
akuntansi
C. Uraian Materi
a) Penggolongan transaksi keuangan
b) Persamaan akuntansi
c) Laporan keuangan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
·Mengkaji referensi tentang penggolongan
transaksi keuangan.
·Mengkaji referensi tentang persamaan
akuntansi.
|
· Siswa dapat Menggolongkan suatu
transaksi keuangan menurut pihak yang melakukan transaksi tersebut.
· Siswa dapat Membedakan antara transaksi modal dan usaha.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang akuntansi sebagai sistem informasi. Kemudian guru memberi penjelasan
yang singkat dan jelas tentang persamaan akuntansi.
b. Motivasi
Pemahaman tentang persamaan akuntansi akan
mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menafsirkan
persamaan akuntansi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menggolongkan
suatu transaksi keuangan menurut pihak yang melakukan transaksi tersebut.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan
antara transaksi modal dan usaha. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan
persamaan akuntansi dan menghitung besarnya modal akhir. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menyusun
laporan laba- rugi, laporan perubahan modal, neraca, serta laporan arus kas
metode langsung dan tidak langsung. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.3 Mencatat transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit
Indikator Pencapaian
Kompetensi : 1. Menjelaskan ciri-ciri perusahaan jasa.
2. Membedakan
antara bukti transaksi keuangan internal dan eksternal
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan ciri-cri
perusahaan jasa.
b) Siswa dapat membedakan antara bukti
transaksi keuangan internal dan eksternal.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Transaksi
keuangan di perusahaan jasa
C. Uraian Materi
a)
Definisi
dan ciri-ciri perusahaan jasa
b) Transaksi keuangan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
·Mencari informasi tenatng perusahaan
jasa.
·Mengkaji referensi tentang transaksi
keuangan.
|
· Siswa dapat Menjelaskan ciri-ciri
perusahaan jasa.
· Siswa dapat Membedakan antara bukti transaksi keuangan
internal dan eksternal.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang persamaan akuntansi. Kemudian guru mengembangkan pengetahuan siswa
dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan perusahaan
jasa serta memberi penjelasan tentang transaksi keuangan.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai perusahaan jasa dan transaksi
keuangan akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mencatat
transaksi berdasarkan mekanisme debit dan kredit. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua
kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mengidentifikasi ciri-ciri perusahaan jasa.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk membedakan
antara bukti transaksi keuangan internal dan eksternal.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi
yang terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah …. Guru
Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.4 Mencatat transaksi/dokumen ke dalam jurnal umum
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Menjelaskan fungsi jurnal
2.
Membuat jurnal dari berbagai jenis transaksi
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan fungsi jurnal.
b) Siswa dapat membuat jurnal dari berbagai
jenis transaksi
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Jurnal
C. Uraian Materi
a)
Pengertian dan fungsi jurnal
b) Bentuk jurnal
c)
Langkah-langkah
dalam membuat jurnal
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
·Mengkaji referensi tentang pengertian dan fungsi jurnal.
|
· Siswa dapat Menjelaskan fungsi jurnal
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengarahkan pemikiran siswa pada kompetensi
dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai jurnal sangat penting karena
banyak digunakan dalam aplikasi ilmu akuntansi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mencatat
transaksi /dokumen ke dalam jurnal umum. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa diminta untuk membuat jurnal dari berbagai
transaksi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah …. Guru
Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.5 Melakukan posting
dari jurnal ke buku besar
Indikator Pencapaian
Kompetensi : Melakukan posting dari jurnal ke buku besar.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat melakukan posting dari jurnal ke buku besar
Karakter siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Buku
besar
C. Uraian Materi
Buku
besar
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
·Mengkaji referensi untuk melakukan posting dari
jurnal ke buku besar
|
· Siswa dapat Melakukan
postingdari jurnal ke buku besar
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus
dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai buku besar akan mempermudah
pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Melakukan posting dari jurnal ke buku besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok
(disesuaikan dengan jumlah siswa), di mana masing-masing kelompok melakukan posting dari jurnal yang dibuat pada
kegiatan pembelajaran sebelumnya ke buku besar. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi
b. Penilaian
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada
buku teks Ekonomi .
G. Sumber dan Alat
Buku
teks, OHP dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.6 Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa
Indikator Pencapaian Kompetensi: 1. Menyusun neraca saldo
berdasarkan saldo dalam buku besar.
2. Mengoreksi apabila terjadi kesalahan
dalam neraca saldo.
3. Membuat jurnal penyesuaian untuk akun
deferal.
4. Membuat jurnal penyesuaian untuk akun
akrual.
5. Menyusun kertas kerja.
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat menyusun neraca saldo berdasarkan saldo dalam buku besar.
b)
Siswa
dapat mengoreksi apabila
terjadi kesalahan dalam neraca saldo.
c)
Siswa
dapat membuat jurnal
penyesuaian untuk akun deferal.
d)
Siswa
dapat membuat jurnal penyesuaian
untuk akun akrual.
e)
Siswa
dapat menyusun kertas kerja.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa
C. Uraian Materi
a)
Neraca saldo
b)
Jurnal penyesuaian
c)
Kertas kerja
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
·Mengkaji referensi untuk membuat neraca
saldo.
·Mengkaji referensi untuk membuat jurnal
penyesuaian.
|
· Siswa dapat Menyusun neraca saldo
berdasarkan saldo dalam buku besar.
· Siswa dapat Mengoreksi apabila terjadi kesalahan dalam
neraca saldo.
· Siswa dapat Membuat jurnal penyesuaian untuk akun
deferal.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus
dicapai dan Indikator Pencapaian Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai ikhtisar
siklus akuntansi perusahaan jasa akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Membuat ikhtisar siklus akuntansi perusahaan jasa. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Masing-masing kelompok menyusun neraca saldo
berdasarkan saldo dalam buku besar, mengoreksi apabila terjadi kesalahan dalam
neraca saldo, membuat jurnal penyesuaian untuk akun deferal, membuat jurnal
penyesuaian untuk akun akrual, dan menyusun kertas kerja.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku teksdan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK
………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 2
Standar Kompetensi : 5. Memahami penyusunan siklus akuntansi
perusahaan jasa
Kompetensi Dasar :
5.7 Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Menyusun laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
2. Menyusun laporan perubahan modal
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
3. Menyusun neraca berdasarkan saldo akun
dalam kertas kerja.
4. Menyusun laporan arus kas berdasarkan
saldo akun dalam kertas kerja.
5. Membuat jurnal penutup.
6. Menyusun neraca
saldo setelah penutupan.
7. Membuat jurnal pembalik.
8.
Mendeskripsikan siklus akuntansi perusahaan jasa
Alokasi Waktu : 20 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menyusun laporan laba-rugi
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
b) Siswa dapat menyusun laporan perubahan
modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
c) Siswa dapat menyusun neraca berdasarkan
saldo akun dalam kertas kerja.
d) Siswa dapat menyusun laporan arus kas
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
e) Siswa dapat membuat jurnal penutup.
f) Siswa dapat menyusun neraca saldo setelah penutupan.
g)
Siswa
dapat membuat jurnal pembalik.
h)
Siswa
dapat mendeskripsikan siklus akuntansi perusahaan jasa.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Laporan
keuangan perusahaan jasa
C. Uraian Materi
a)
Pembuatan laporan keuangan
b)
Jurnal penutup
c)
Neraca saldo setelah penutupan
d) Jurnal pembalik
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa
|
· Mengkaji referensi untuk menyusun laporan
keuangan berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
· Mengkaji referensi untuk membuat jurnal
penutup.
· Mengkaji referensi untuk menyusun neraca
saldo setelah penutupan.
|
· Siswa dapat Menyusun laporan laba-rugi
berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.
· Siswa dapat Menyusun laporan perubahan modal berdasarkan
saldo akun dalam kertas kerja.
· Siswa dapat Menyusun neraca berdasarkan saldo akun dalam
kertas kerja.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menjelaskan kompetensi dasar yang harus dicapai dan Indikator Pencapaian
Kompetensi pencapaian kompetensi dasar.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami penyusunan siklus akuntansi perusahaan jasa.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menyusun laporan keuangan perusahaan jasa. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi delapan
kelompok (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menyusun
laporan laba-rugi berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menyusun
laporan perubahan modal berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menyusun
neraca berdasarkan saldo akun dalam kertas kerja.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok
keempat diberi tugas untuk menyusun laporan arus kas berdasarkan saldo akun
dalam kertas kerja.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok
kelima diberi tugas untuk membuat jurnal penutup. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok
keenam diberi tugas untuk menyusun neraca saldo setelah
penutupan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Kelompok
ketujuh diberi tugas untuk membuat jurnal pembalik.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i.
Kelompok kedelapan diberi tugas untuk mendeskripsikan siklus akuntansi perusahaan jasa(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
j. Masing-masing
kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain
menanggapi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
k. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
0 komentar:
Posting Komentar