SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan
dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Alokasi Waktu : 20 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1.1
Mengklasifikasi
ketenagakerjaan
1.2 Mendeskripsik-an tujuan
pembangunan
ekonomi
1.3 Mendeskripsik-an
proses
pertumbuhan
ekonomi
1.4 Mendeskripsik-an pengangguran
beserta
dampaknya
terhadap
pembangunan
nasional
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan
kesempatan kerja
· Pengangguran
· Cara-cara mengatasi pengangguran
· Usaha peningkatan mutu tenaga kerja
· Sistem upah yang berlaku di Indonesia
·
Pengertian pembangunan ekonomi
·
Pengertian dan tujuan pembangunan nasional
·
Pola dan tahapan pembangunan nasional
· Keberhasilan
dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia
· Arti pertumbuhan ekonomi
· Teori pertumbuhan ekonomi
·
Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan
ekonomi
·
Dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional
|
· Mencari informasi tentang pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan
kerja, dan kesempatan kerja.
· Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan
kerja, dan kesempatan kerja.
· Mendiskusikan masalah pengangguran dan
cara-cara mengatasinya.
· Mendiskusikan usaha peningkatan mutu
tenaga kerja dan sistem upah
yang berlaku di Indonesia.
·
Mencari informasi tentang pengertian
pembangunan ekonomi.
·
Mencari informasi tentang pengertian dan tujuan
pembangunan nasional.
·
Mencari informasi tentang pola dan tahapan
pembangunan nasional.
·
Mendiskusikan keberhasilan dan kegagalan
pembangunan ekonomi Indonesia.
· Mengumpulkan informasi tentang pengertian
dan teori pertumbuhan ekonomi.
· Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan ekonomi.
· Mendikusikan dampak
pengangguran terhadap
pembangunan nasional.
|
· Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan
kerja, dan kesempatan kerja.
· Menjelaskan penyebab pengangguran.
· Menjelaskan cara mengatasi masalah
pengangguran di Indonesia.
· Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga
kerja.
· Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di
Indonesia.
·
Menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
·
Menilai kondisi
perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di
Indonesia.
·
Mengidentifikasi
permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
·
Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan
pembangunan ekonomi Indonesia.
· Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
· Menjelaskan
dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
8 x 45 menit
4 x 45 menit
4 x 45 menit
4
x 45
menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBNdan APBD
Alokasi Waktu : 14 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
2.1 Menjelaskan
pengertian, fungsi, tujuan APBN dan
APBD
2.2 Mengidentifi-kasi
sumber-sumber
penerimaan pemerintah
pusat dan pemerintah daerah
2.3 Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang fiskal
2.4 Mengidentifi-kasi jenis-jenis
pengeluaran
pemerintah pusat dan pemerintah
daerah
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Pengertian, fungsi,
tujuan APBN dan APBD
· Pendapatan negara dan hibah dalam
APBN/APBD
·Pengertian,tujuan, macam-macam kebijakan
fiskal
· Pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
· Mencari
informasi tentang pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD.
· Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan
negara dan hibah dalam APBN/APBD.
· Mengkaji
referensi untuk menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di
Indonesia.
· Mengkaji referensi tentang pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
· Menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran
bagi pemerintah pusat dan daerah.
· Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam
APBN/APBD.
· Menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang
berlaku di Indonesia.
· Mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian
obyektif, uraian
bebas, skala sikap
|
2 x 45 menit
4 x 45 menit
6 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal
Alokasi Waktu : 10 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
3.1 Mengenal jenis produk
dalam bursa efek
3.2 Mendeskripsikan
mekanisme kerja bursa efek
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Pengertian dan fungsi pasar modal
· Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan
pasar modal
· Pasar Modal di Indonesia
· Investasi pada sekuritas
|
· Mengkaji referensi
tentang pasar modal
· Mensimulasi mekanisme
transaksi Bursa Efek Jakarta.
· Mengkaji referensi tentang investasi pada
sekuritas
|
· Menjelaskan pengertian dan fungsi pasar modal.
· Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan pasar modal.
·
Mendeskripsikan
mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.
·
Menjelaskan
pengertian sekuritas serta membedakan saham dan obligasi.
·
Menjelaskan
proses investasi pada sekuritas.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian
bebas, skala sikap
|
4 x 45 menit
6 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi :
4. Memahami perekonomian terbuka
Alokasi Waktu : 16 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
4.1 Mengidentifikasi
manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
4.2 Mengidentifika-si kurs
tukar valuta asing dan neraca pembayaran
4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga
dan dumping
|
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
“ Kerja keras
“ Jujur
“ saling menghargai
|
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
“ Kerja keras.
“ Jujur.
“ saling menghargai orang lain
“ inovatif,
|
· Faktor-faktor pendorong
terjadinya perdagangan internasional
· Manfaat perdagangan
internasional
· Teori-teori perdagangan internasional
· Dampak perdagangan internasional terhadap
produktivitas dan konsumsi
· Devisa
· Kurs
· Pembayaran internasional
· Pengertian kebijakan perdagangan
internasional
· Jenis-jenis kebijakan perdagangan
internasional
|
· Mengkaji referensi tentang faktor-faktor
pendorong terjadinya perdagangan internasional.
· Mendikusikan manfaat
perdagangan internasional.
·
Mengkaji referensi tentang teori-teori perdagangan
internasional.
·
Mengkaji
referensi dan mendikusikan dampak perdagangan internasional terhadap
produktivitas dan konsumsi.
· Mencari informasi tentang devisa.
·
Mencari informasi tentang pengertian kurs
dan perubahannya.
·
Menghitung nilai tukar valuta berdasarkan
kurs yang berlaku.
·
Mencari informasi tentang perkembangan nilai
rupiah terhadap valuta asing.
·
Cara dan alat pembayaran internasional.
· Mengkaji referensi tentang pengertian dan
jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
|
· Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong
terjadinya perdagangan internasional.
· Menjelaskan manfaat
perdagangan internasional
·
Menjelaskan
teori-teori perdagangan internasional.
·
Menganalisis
dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
·
Menjelaskan
konsep devisa
·
Mendeskripsikan
pembayaran internasional.
· Mendeskrpsikan kebijakan perdagangan internasional
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
8 x 45 menit
6 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar