SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan
dampaknya terhadap pembangunan ekonomi.
Alokasi Waktu : 20 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
1.1
Mengklasifikasi
ketenagakerjaan
1.2 Mendeskripsik-an tujuan
pembangunan
ekonomi
1.3 Mendeskripsik-an
proses
pertumbuhan
ekonomi
1.4 Mendeskripsik-an pengangguran
beserta
dampaknya
terhadap
pembangunan
nasional
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan
kesempatan kerja
· Pengangguran
· Cara-cara mengatasi pengangguran
· Usaha peningkatan mutu tenaga kerja
· Sistem upah yang berlaku di Indonesia
·
Pengertian pembangunan ekonomi
·
Pengertian dan tujuan pembangunan nasional
·
Pola dan tahapan pembangunan nasional
· Keberhasilan
dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia
· Arti pertumbuhan ekonomi
· Teori pertumbuhan ekonomi
·
Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan
ekonomi
·
Dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional
|
· Mencari informasi tentang pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan
kerja, dan kesempatan kerja.
· Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan
kerja, dan kesempatan kerja.
· Mendiskusikan masalah pengangguran dan
cara-cara mengatasinya.
· Mendiskusikan usaha peningkatan mutu
tenaga kerja dan sistem upah
yang berlaku di Indonesia.
·
Mencari informasi tentang pengertian
pembangunan ekonomi.
·
Mencari informasi tentang pengertian dan tujuan
pembangunan nasional.
·
Mencari informasi tentang pola dan tahapan
pembangunan nasional.
·
Mendiskusikan keberhasilan dan kegagalan
pembangunan ekonomi Indonesia.
· Mengumpulkan informasi tentang pengertian
dan teori pertumbuhan ekonomi.
· Mendiskusikan faktor-faktor yang memengaruhi
pertumbuhan ekonomi.
· Mendikusikan dampak
pengangguran terhadap
pembangunan nasional.
|
· Menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan
kerja, dan kesempatan kerja.
· Menjelaskan penyebab pengangguran.
· Menjelaskan cara mengatasi masalah
pengangguran di Indonesia.
· Menjelaskan cara meningkatkan kualitas tenaga
kerja.
· Menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang berlaku di
Indonesia.
·
Menjelaskan pengertian pembangunan ekonomi.
·
Menilai kondisi
perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di
Indonesia.
·
Mengidentifikasi
permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
·
Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan
pembangunan ekonomi Indonesia.
· Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
· Menjelaskan
dampak
pengangguran
terhadap
pembangunan
nasional.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
8 x 45 menit
4 x 45 menit
4 x 45 menit
4
x 45
menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBNdan APBD
Alokasi Waktu : 14 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
2.1 Menjelaskan
pengertian, fungsi, tujuan APBN dan
APBD
2.2 Mengidentifi-kasi
sumber-sumber
penerimaan pemerintah
pusat dan pemerintah daerah
2.3 Mendeskripsikan
kebijakan pemerintah di bidang fiskal
2.4 Mengidentifi-kasi jenis-jenis
pengeluaran
pemerintah pusat dan pemerintah
daerah
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Pengertian, fungsi,
tujuan APBN dan APBD
· Pendapatan negara dan hibah dalam
APBN/APBD
·Pengertian,tujuan, macam-macam kebijakan
fiskal
· Pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
· Mencari
informasi tentang pengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD.
· Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan
negara dan hibah dalam APBN/APBD.
· Mengkaji
referensi untuk menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di
Indonesia.
· Mengkaji referensi tentang pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
· Menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran
bagi pemerintah pusat dan daerah.
· Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam
APBN/APBD.
· Menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang
berlaku di Indonesia.
· Mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian
obyektif, uraian
bebas, skala sikap
|
2 x 45 menit
4 x 45 menit
6 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal
Alokasi Waktu : 10 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
3.1 Mengenal jenis produk
dalam bursa efek
3.2 Mendeskripsikan
mekanisme kerja bursa efek
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Pengertian dan fungsi pasar modal
· Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan
pasar modal
· Pasar Modal di Indonesia
· Investasi pada sekuritas
|
· Mengkaji referensi
tentang pasar modal
· Mensimulasi mekanisme
transaksi Bursa Efek Jakarta.
· Mengkaji referensi tentang investasi pada
sekuritas
|
· Menjelaskan pengertian dan fungsi pasar modal.
· Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan pasar modal.
·
Mendeskripsikan
mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.
·
Menjelaskan
pengertian sekuritas serta membedakan saham dan obligasi.
·
Menjelaskan
proses investasi pada sekuritas.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian
bebas, skala sikap
|
4 x 45 menit
6 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : XI
Semester : 1
Standar Kompetensi :
4. Memahami perekonomian terbuka
Alokasi Waktu : 16 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
4.1 Mengidentifikasi
manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional
4.2 Mengidentifika-si kurs
tukar valuta asing dan neraca pembayaran
4.3 Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga
dan dumping
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Faktor-faktor pendorong
terjadinya perdagangan internasional
· Manfaat perdagangan
internasional
· Teori-teori perdagangan internasional
· Dampak perdagangan internasional terhadap
produktivitas dan konsumsi
· Devisa
· Kurs
· Pembayaran internasional
· Pengertian kebijakan perdagangan
internasional
· Jenis-jenis kebijakan perdagangan
internasional
|
· Mengkaji referensi tentang faktor-faktor
pendorong terjadinya perdagangan internasional.
· Mendikusikan manfaat
perdagangan internasional.
·
Mengkaji referensi tentang teori-teori perdagangan
internasional.
·
Mengkaji
referensi dan mendikusikan dampak perdagangan internasional terhadap
produktivitas dan konsumsi.
· Mencari informasi tentang devisa.
·
Mencari informasi tentang pengertian kurs
dan perubahannya.
·
Menghitung nilai tukar valuta berdasarkan
kurs yang berlaku.
·
Mencari informasi tentang perkembangan nilai
rupiah terhadap valuta asing.
·
Cara dan alat pembayaran internasional.
· Mengkaji referensi tentang pengertian dan
jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
|
· Mengidentifikasi faktor-faktor pendorong
terjadinya perdagangan internasional.
· Menjelaskan manfaat
perdagangan internasional
·
Menjelaskan
teori-teori perdagangan internasional.
·
Menganalisis
dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
·
Menjelaskan
konsep devisa
·
Mendeskripsikan
pembayaran internasional.
· Mendeskrpsikan kebijakan perdagangan internasional
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
8 x 45 menit
6 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui, 2011
Kepala SMA Guru
Mata Pelajaran
NIP. NIP.
0 komentar:
Posting Komentar