RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengklasifikasi ketenagakerjaan
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Menjelaskan pengertian jumlah penduduk,
tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
2. Menjelaskan penyebab pengangguran.
3. Menjelaskan cara mengatasi masalah
pengangguran di Indonesia.
4. Menjelaskan cara meningkatkan kualitas
tenaga kerja.
5.Menjelaskan sistem pengupahan dan
penggajian yang berlaku di Indonesia.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
b) Siswa dapat menjelaskan penyebab
pengangguran.
c)
Siswa
dapat menjelaskan cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.
d)
Siswa dapat menjelaskan carameningkatkan kualitas tenaga kerja.
e)
Siswa
dapat menjelaskan sistem pengupahan dan penggajian yang
berlaku di Indonesia.
Karakter
siswa yang diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Ketenagakerjaan
C. Uraian Materi
a)
Hubungan jumlah penduduk,
tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja
b)
Pengangguran
c)
Cara-cara mengatasi
pengangguran
d)
Usaha
peningkatan mutu tenaga kerja
e)
Sistem upah yang berlaku di Indonesia
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan
ekonomi.
|
·Mendiskusikan hubungan jumlah penduduk,
tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
|
·Siswa dapat Menjelaskan pengertian jumlah
penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru menggali dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang
ketenagakerjaan. Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual
untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan kondisi ketenagakerjaan di
Indonesia.Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat
hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah ketenagakerjaan adalah masalah yang sangat dekat dengan
kehidupan kita.Masalah tersebut merupakan topik yang senantiasa dibicarakan
dalam kerangka pembangunan ekonomi nasional. Kelak, para siswa akan menjadi
bagian dari tenaga kerja Indonesia.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mengklasifikasi ketenagakerjaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan
pengertian jumlah penduduk, tenaga kerja, angkatan kerja, dan kesempatan kerja.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan
penyebab pengangguran.(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan
cara mengatasi masalah pengangguran di Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menjelaskan
cara meningkatkan kualitas tenaga kerja.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menjelaskan sistem
pengupahan dan penggajian yang berlaku di Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
h. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP,
spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK
…………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya
terhadap pembangunan ekonomi
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikantujuan pembangunan ekonomi
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
1. Menjelaskan pengertian
pembangunan ekonomi.
2. Menilai kondisi perekonomian Indonesia
dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
3. Mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.
4. Mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomiIndonesia.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menjelaskan
pengertian pembangunan ekonomi.
b) Siswa dapat menilai kondisi perekonomian
Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.
c) Siswa dapat mengidentifikasi permasalahan
pembangunan ekonomi di Indonesia.
d)
Siswa
dapat mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan
pembangunan ekonomi Indonesia.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pembangunan
ekonomi
C. Uraian Materi
a)
Pengertian pembangunan ekonomi
b)
Pengertian dan tujuan
pembangunan nasional
c)
Pola dan tahapan pembangunan
nasional
d) Keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan
ekonomi.
|
·Mencari informasi tentang pola dan tahapan
pembangunan nasional.
|
·Siswa dapat Mendiskusikan keberhasilan dan
kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang
ketenagakerjaan. Kondisi ketenagakerjaan sangat berkaitan dengan keberhasilan
dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.Kemudian guru mempersilahkan siswa
memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan dengan
pembangunan nasional.Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk
mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Setiap negara secara berkesinambungan melakukan pembangunan ekonomi
untuk menciptakan kesejahteraan rakyatnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat
Mendeskripsikan tujuan pembangunan ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan
pengertian pembangunan ekonomi.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menilai kondisi
perekonomian Indonesia dan menjelaskan tujuan pembangunan ekonomi di Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mengidentifikasi permasalahan pembangunan ekonomi di Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengidentifikasi
keberhasilan dan kegagalan pembangunan ekonomi Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
d. Siswa diberi tugas
untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan pembangunan
nasional.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP,
spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah …. Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan
dampaknya terhadap pembangunan
ekonomi
Kompetensi Dasar :
1.3 Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pertumbuhan
ekonomi.
b) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pertumbuhan ekonomi
C. Uraian Materi
a) Arti pertumbuhan ekonomi
b)
Teori pertumbuhan ekonomi
c)
Faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan
ekonomi
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan
ekonomi.
|
·
Mengumpulkan
informasi tentang pengertian dan teori pertumbuhan ekonomi
|
· Siswa dapat Mendiskusikan faktor-faktor
yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang pembangunan ekonomi. Kemudian guru mengaitkan dan menjelaskan perbedaan
antara pembangunan ekonomitersebut dengan pertumbuhan ekonomi serta memberi
penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang
harus dikuasai.
b. Motivasi
Laju pertumbuhan ekonomi merupakan Indikator
Pencapaian Kompetensi keberhasilan pembangunan ekonomi suatu negara.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat
Mendeskripsikan proses pertumbuhan ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan pertumbuhan ekonomi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mengidentifikasi faktor-faktor yang memengaruhi pertumbuhan ekonomi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ……….. NIP/NRK
…………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami kondisi ketenagakerjaan dan
dampaknya terhadap pembangunan ekonomi
Kompetensi Dasar :
1.4 Mendeskripsikanpengangguran beserta dampaknyaterhadap
pembangunan nasional
Indikator Pencapaian Kompetensi : Menjelaskandampak pengangguranterhadap pembangunan nasional
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskandampak
pengangguranterhadappembangunan
nasional
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Dampak pengangguran
C. Uraian Materi
Dampakpengangguranterhadap pembangunannasional
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami kondisi ketenagakerjaan dan dampaknya terhadap pembangunan
ekonomi.
|
·
Dampakpengangguran
terhadap pembangunannasional
|
·
Siswa
dapat Mendikusikan dampak pengangguran
terhadap pembangunan nasional.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kondisi
ketenagakerjaan Indonesia
yang senantiasa diliputi oleh masalah pengangguran. Di samping itu, guru
mengingatkan kembali pembahasan materi yang lalu tentang pembangunan
nasional.Kemudian guru mengaitkan kedua materi tersebut, yakni dengan memberi
gambaran umum tentang dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional serta
memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan
kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional
diharapkan dapat mendorong siswa untuk terus giat belajar demi meningkatkan
mutu tenaga kerja Indonesia dan pada akhirnya dapat mencapai keberhasilan dalam
pembangunan nasional.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskandampak
pengangguranterhadappembangunan nasional. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing
kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Setiap kelompok diberi tugas untuk
mengidentifikasi permasalahan yang dapat ditimbulkan oleh pengangguran dalam
pembangunan nasional. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran
dan majalah yang berkaitan dengan dampak pengangguran terhadap pembangunan nasional.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan pengertian, fungsi, tujuan APBN
dan APBD
Indikator Pencapaian Kompetensi : Menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran
bagi pemerintah pusat dan daerah
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan pengaruh dan pentingnya anggaran
bagi pemerintah
pusat dan daerah
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
APBN dan APBD
C. Uraian Materi
Pengertian,
fungsi, tujuan APBN dan APBD
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
APBNdan APBD
|
· Mencari informasi tentang pengertian,
fungsi, tujuan APBN dan APBD.
|
· Siswa dapat Menjelaskan Pengertian, fungsi,
tujuan APBN dan APBD
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang pentingnya anggaran bagi pemerintah
pusat dan daerah.
b. Motivasi
Pembuatan anggaran ditujukan agar pemerintah dapat
mengetahui dan meningkatkan sumber pendapatan. Selanjutnya, pemerintah
diharapkan dapat memanfaatkan dan mengalokasikan pendapatan tersebut untuk keperluan
pembangunan dengan sebaik-baiknya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskanpengertian, fungsi, tujuan APBN dan APBD. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan
informasi tentang pengertian, fungsi, dan tujuan APBN.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan
informasi tentang pengertian, fungsi, dan tujuan APBD.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mengumpulkan
informasi tentang pengaruh dan
pentingnya anggaran bagi pemerintah pusat. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mengumpulkan
informasi tentang pengaruh dan pentingnya anggaran bagi pemerintah daerah.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD
Kompetensi Dasar : 2.2Mengidentifikasi sumber-sumber penerimaan pemerintah
pusat dan pemerintah daerah
Indikator Pencapaian Kompetensi : Mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibahdalam APBN/APBD
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pendapatan
negara
C. Uraian Materi
Pendapatan negara
dan hibah dalam APBN/APBD
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
APBNdan APBD
|
· Mengkaji referensi untuk
mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN/APBD.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang fungsi APBN dan APBD. Pada APBN dan APBD dicatat sumber-sumber
pendapatan negara. Kemudian guru memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang
sumber-sumber pendapatan negara yang menjadi fokus dalam pembelajaran kali ini.
b. Motivasi
Siswa dapat
memahami apa saja yang menjadi sumber pendapatan negara.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskansumber-sumber penerimaan pemerintah pusat dan pemerintah daerah. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas mengidentifikasi
sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBN. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mengidentifikasi sumber-sumber pendapatan negara dan hibah dalam APBD.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku teks dan
spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah
….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD
Kompetensi Dasar :
2.3 Mendeskripsikan kebijakan pemerintah di bidang fiskal
Indikator Pencapaian Kompetensi : Menjelaskan
macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat menjelaskan macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku diIndonesia.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebijakan fiskal
C. Uraian Materi
a)
Pengertian kebijakan fiskal
b)
Tujuan
kebijakan fiskal
c)
Macam-macam kebijakan fiskal
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
APBNdan APBD
|
· Mengkaji referensi untuk menjelaskan
macam-macam kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia.
|
· Siswa dapat Menjelaskan macam-macam
kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi informasi awal tentang kebijakan fiskal yang berlaku di
Indonesia.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai kebijakan fiskalakan mempermudah pemahaman materi
selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan macam-macam kebijakan
fiskal yang berlaku di Indonesia. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan
pengertian dan tujuan kebijakan fiskal. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan macam-macam
kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran
dan majalah yang berkaitan dengan kebijakan fiskal yang berlaku di Indonesia.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami APBN dan APBD
Kompetensi Dasar :
2.4 Mengidentifikasi jenis-jenis pengeluaran
pemerintah pusat
dan
pemerintah daerah.
Indikator Pencapaian Kompetensi : Mengidentifikasi pengeluaran negara
dalam APBN/APBD
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mengidentifikasi
pengeluaran negara dalam APBN/APBD
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pengeluaran
negara
C. Uraian Materi
Pengeluaran
negara dalam APBN/APBD
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
APBNdan APBD
|
· Mengkaji referensi tentang pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
· Siswa dapat Mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN/APBD
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang kebijakan fiskal yang pada dasarnya adalah kebijakan pengelolaan
penerimaan dan pengeluaran negara. Kemudian guru memberi penjelasan yang
singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang berkaitan dengan pengeluaran
negara.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami pos-pos pengeluaran negara.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan jenis-jenis
pengeluaran pemerintah pusat dan pemerintah daerah. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBN.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mengidentifikasi pengeluaran negara dalam APBD.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal
Kompetensi Dasar : 3.1Mengenal jenis produk dalam bursa efek
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Menjelaskan pengertian dan
fungsi pasar modal.
2. Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi perkembanganpasar modal.
Alokasi Waktu : 4 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa
dapat menjelaskan pengertian dan fungsi pasar modal.
b)
Siswa
dapat menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan pasar modal.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pasar modal
C. Uraian Materi
a)
Pengertian dan fungsi pasar
modal
b)
Faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan pasar modal
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengenal pasar modal
|
· Pengertian dan fungsi pasar modal
· Faktor-faktor yang memengaruhi perkembangan
pasar modal
|
· Siswa dapat Menjelaskan pengertian dan
fungsi pasar modal.
· Siswa dapat Menjelaskan faktor-faktor yang memengaruhi
perkembangan pasar modal.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang pasar modal. Kemudian
guru menguraikan dengan jelas gambaran umum mengenai pasar modal.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai pasar modal sangat penting mengingat peranan
pasar modal dalam perekonomian saat ini cukup besar. Selain itu, pemahaman
mengenai pasar modal akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan jenis produk dalam bursa efek. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan
pengertian dan fungsi pasar modal. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menguraikan faktor-faktor
yang memengaruhi perkembangan pasar modal.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………..
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 3. Mengenal pasar modal
Kompetensi Dasar :
3.2 Mendeskripsikan mekanisme kerja bursa efek
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mendeskripsikan mekanisme transaksi
Bursa Efek Jakarta.
2.
Menjelaskan pengertian sekuritas serta membedakan saham dan obligasi.
3. Menjelaskan proses investasi pada
sekuritas.
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan mekanisme
transaksi Bursa Efek Jakarta.
b) Siswa dapat menjelaskan pengertian sekuritas
serta membedakan saham dan obligasi.
c) Siswa dapat menjelaskan proses investasi
pada sekuritas.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Mekanisme kerja
bursa efek
C. Uraian Materi
a)
Pasar Modal di Indonesia
b)
Investasi pada sekuritas
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Mengenal pasar modal
|
· Mengkaji referensi tentang investasi
pada sekuritas
|
·Siswa dapat Menjelaskan pengertian
sekuritas serta membedakan saham dan obligasi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat
tayangan transaksi di bursa efek. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan
dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai mekanisme kerja bursa efek
sangat penting karena siswa dapat memperoleh gambaran tentang prosedur apa saja
yang harus dilakukan jika terlibat dalam transaksi di bursa efek.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan
mekanisme kerja bursa efek. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mensimulasi
mekanisme transaksi Bursa Efek Jakarta.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mendeskripsikan
proses investasi pada sekuritas.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP dan
spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK
………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka
Kompetensi Dasar : 4.1 Mengidentifikasi
manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong
perdagangan internasional
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mengidentifikasi faktor-faktor
pendorong terjadinya
perdagangan internasional.
2. Menjelaskan manfaat perdagangan internasional.
3. Menjelaskan teori-teori perdagangan internasional.
4. Menganalisis dampak perdagangan internasional terhadap
produktivitas dan konsumsi.
5. Menjelaskan konsep devisa.
Alokasi Waktu : 8 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor
pendorong terjadinya perdagangan internasional.
b) Siswa dapat menjelaskan
manfaat perdagangan internasional.
c) Siswa dapat menjelaskan teori-teori
perdagangan internasional.
d) Siswa dapat menganalisis dampak
perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.
e) Siswa dapat menjelaskan
konsep devisa.
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Perdagangan
internasional
C. Uraian Materi
a)
Faktor-faktor
pendorong terjadinya perdagangan internasional
b) Manfaat perdagangan internasional
c)
Teori-teori
perdagangan internasional
d)
Dampak
perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi
e)
Devisa
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
perekonomian terbuka
|
·Faktor-faktor pendorong terjadinya
perdagangan internasional
·Manfaat perdagangan internasional
|
·Siswa dapat Mengidentifikasi
faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.
·Siswa dapat Menjelaskan manfaat
perdagangan internasional
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengembangkan pengetahuan siswa tentang perdagangan
internasional. Kemudian guru memberi penjelasan secara singkat dan jelas
tentang perdagangan internasional dan konsep devisa serta menguraikan tentang teori-teori perdagangan
internasional.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai perdagangan internasional akan
mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan
manfaat, keuntungan dan faktor-faktor pendorong perdagangan internasional. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi lima kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mengidentifikasi faktor-faktor pendorong terjadinya perdagangan internasional.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menjelaskan
manfaat perdagangan internasional.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk menjelaskan
teori-teori perdagangan internasional.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk menganalisis
dampak perdagangan internasional terhadap produktivitas dan konsumsi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk menjelaskan
konsep devisa.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
h. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku teks, OHP dan
spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah
….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK
……….. NIP/NRK
…………...
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka
Kompetensi Dasar:
4.2 Mengidentifikasi kurs tukar valuta
asing dan neraca pembayaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi : Mendeskripsikan pembayaran internasional
Alokasi Waktu : 6 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan
pembayaran internasional
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pembayaran
internasional
C. Uraian Materi
a)
Kurs
b)
Pembayaran internasional
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
perekonomian terbuka
|
·Mencari informasi tentang pengertian
kurs dan perubahannya.
·Menghitung nilai tukar valuta
berdasarkan kurs yang berlaku.
|
·Siswa dapat Mendeskripsikan pembayaran
internasional
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang
perdagangan internasional. Kemudian guru mengaitkan materi tersebut dengan
materu yang baru, yakni tentang kurs dan pembayaran internasional.
b. Motivasi
Siswa dapat memahami tentang
kurs dan pembayaran internasional.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan
kurs tukar valuta asing dan neraca pembayaran. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat kelompok, di
mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah
siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan mencari informasi tentang
pengertian kurs dan perubahannya.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menghitung
nilai tukar valuta berdasarkan kurs yang berlaku.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk mencari
informasi tentang perkembangan nilai rupiah terhadap valuta asing.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan pembayaran internasional.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);.
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………... ………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK …………...
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
SMA ….
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
XI (sebelas) / 1
Standar Kompetensi : 4. Memahami perekonomian terbuka
Kompetensi Dasar :
4.3 Menjelaskankonsep
tarif, kuota, larangan ekspor, larangan
impor, subsidi, premi, diskriminasi
harga dan dumping
Indikator Pencapaian Kompetensi : Mendeskripsikan kebijakan perdagangan internasional
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat mendeskripsikan kebijakan perdagangan internasional
Karakter siswa yang
diharapkan :
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebijakan
perdagangan internasional
C. Uraian Materi
a) Pengertian kebijakan perdagangan internasional
b) Jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
perekonomian terbuka
|
·Mengkaji referensi tentang pengertian
dan jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional
|
·Siswa dapat Menjelaskan konsep tarif, kuota, larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi,
diskriminasi harga dan dumping
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberikan penjelasan tentang kebijakan perdagangan
internasional. Kemudian guru menguraikan jenis-jenis kebijakan perdagangan
internasional.
b. Motivasi
Siswa memahami kebijakan perdagangan
internasional.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskankonsep tarif, kuota,
larangan ekspor, larangan impor, subsidi, premi, diskriminasi harga dan dumping. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar
(disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menjelaskan
pengertian kebijakan perdagangan internasional. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan
informasi tentang jenis-jenis kebijakan perdagangan internasional. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya
di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat kesimpulan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.); .
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui ………, ………20....
Kepala Sekolah ….
Guru Mata Pelajaran …
…………………...
………………………
NIP/NRK ………..
NIP/NRK
…………...
0 komentar:
Posting Komentar