SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
Alokasi Waktu : 10 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/
Alat
|
1.1 Mengidentifikasi
kebutuhan manusia
1.2 Mendeskripsikan
berbagai sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas
1.3 Mengidentifikasi
masalah pokok ekonomi, yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang
diproduksi
1.4 Mengidentifikasi
hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang
lain.
1.5 Mengidentifikasi sistem
ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Pengertian kebutuhan
· Macam-macam kebutuhan
· Hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan
· Pengertian benda pemuas kebutuhan
· Macam-macam benda pemuas kebutuhan
· Kegunaan benda pemuas kebutuhan
·
Pengertian kelangkaan
·
Penyebab kelangkaan
·
Penentuan alokasi sumber daya ekonomi
·
Sikap rasional dalam memenuhi kebutuhan
· Barang apa yang akan diproduksi dan berapa
jumlahnya.
· Bagaimana cara memproduksi barang.
·
Untuk siapa barang tersebut diproduksi.
· Pengertian biaya sehari-hari dan biaya
peluang
·
Kurva kemungkinan produksi
· Pengertian sistem ekonomi
· Sistem ekonomi tradisional
· Sistem ekonomi pasar
· Sistem ekonomi komando
·
Sistem ekonomi campuran
|
· Mencari informasi tentang pengertian
kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
· Mengidentifikasi bermacam-macam kebutuhan
manusia di daerah setempat.
· Mendiskusikan kebutuhan manusia di daerah
setempat yang paling dominan.
· Mengklasifikasi jenis kebutuhan berdasarkan
tingkatannya.
·
Menggali informasi tentang kelangkaan.
·
Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di
daerah setempat dan sekitarnya.
·
Mengidentifikasi berbagai sumber ekonomi
yang langka dan kebutuhan manusia yang tidak terbatas melalui studi pustaka
di daerah setempat dan sekitarnya.
·
Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai
pilihan kebutuhan.
· Mengidentifikasi barang-barang apa,
bagaimana cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi
kelompok dan studi kepustakaan.
· Mengkaji referensi tentang permasalahan
ekonomi untuk menemukan konsep biaya peluang.
· Bertanya jawab tentang perbedaan biaya
sehari-hari dan biaya peluang.
· Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
· Menggambar kurva kemungkinan produksi.
· Mengkaji referensi tentang sistem ekonomi.
· Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan
cara memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi
kepustakaan.
|
· Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
· Mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.
· Mengidentifikasi hal-hal yang memengaruhi
kebutuhan.
· Mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.
· Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas
kebutuhan.
·
Mendeskripsikan
kegunaan benda pemuas kebutuhan.
·
Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor penyebab kelangkaan.
·
Mengidentifikasi
pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi rakyat banyak.
·
Bersikap
rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.
· Mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.
· Mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi
barang.
· Mendeskripsikan untuk siapa barang
diproduksi.
· Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya
peluang
· Menggambar kurva kemungkinan produksi
· Mendeskripsikan pengertian sistem ekonomi.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi tradisional.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi pasar.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi komando.
· Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi campuran.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
Uji Penguasaan Materi, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
3 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK : ....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Ekonomi
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen
dan konsumen.
Alokasi Waktu : 8 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
2.1 Mendeskripsikan pola
perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi.
2.2 Mendeskripsikan circular
flow diagram
2.3 Mendeskripsikan peran
konsumen dan produsen
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
·
Manfaat dan
nilai suatu barang
· Hukum Gossen I dan II
· Teori perilaku konsumen
· Pola hidup hemat dan bersahaja
· Persamaan produksi
· Teori produksi
· Perilaku produsen yang
mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
·
Circular Flow Diagram
· Manfaat Circular Flow Diagram
· Peran konsumen dan
produsen
|
· Membahas manfaat dan nilai suatu barang.
· Menganalisis hukum Gossen I dan II
· Mendeskripsikan perilaku konsumen dan
produsen melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.
· Membuat model interaksi pelaku ekonomi (circular
flow diagram).
· Mengkaji referensi untuk mengidentifikasi
manfaat circular flow diagram bagi pengambil kebijakan ekonomi.
· Menyebutkan peran
konsumen dalam kegiatan ekonomi.
· Menyebutkan peran produsen dalam kegiatan
ekonomi.
|
·
Mendeskripsikan
manfaat dan nilai suatu barang.
·
Membuat
kesimpulan tentang hukum Gossen.
·
Mendeskripsikan
teori perilaku konsumen.
·
Menerapkan pola
hidup hemat dan bersahaja dalam perilaku konsumen.
·
Membuat
kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
·
Mendeskripsikan
teori produksi.
·
Mengidentifikasi
perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan
masyarakat.
· Membuat model interaksi pelaku ekonomi (circular
flow diagram).
·
Mengidentifikasi manfaat circular flow diagram.
· Mengidentifikasi peran konsumen dalam
kegiatan ekonomi.
· Mengidentifikasi peran produsen dalam
kegiatan ekonomi.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
3 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
SILABUS PEMBELAJARAN
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Ekonomi
Kelas/Program : X
Semester : 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar.
Alokasi Waktu : 12 x 45
menit
Kompetensi Dasar
|
Nilai
Budaya Dan Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi
Kreatif
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu (menit)
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
3.1 Mengidentifik-asi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
3.2 Menjelaskan hukum
permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
3.3 Mendeskripsikan
pengertian harga dan jumlah keseimbangan
3.4 Mendeskripsikan
berbagai bentuk pasar barang
3.5 Mendeskripsikan pasar input
|
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
Kerja keras
Jujur
saling menghargai
|
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
Kerja keras.
Jujur.
saling menghargai orang lain
inovatif,
|
· Pengertian permintaan
· Pengertian penawaran
· Faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan
· Faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
·
Hukum
permintaan dan penawaran
· Fungsi permintaan
· Fungsi penawaran
· Kurva permintaan
· Kurva penawaran
· Harga dan jumlah keseimbangan
· Pengertian berbagai bentuk pasar barang
· Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar monopoli,
pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
· Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna, pasar monopoli,
pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
· Contoh berbagai bentuk pasar
· Analisis harga faktor produksi
· TPP, MPP, dan MRP
· Sewa tanah
· Upah pekerja
· Bunga modal
·
Laba pengusaha
|
· Mendeskripsikan pengertian permintaan dan
penawaran melalui pengamatan dan diskusi.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
· Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi penawaran.
· Menggambar kurva permintaan dan penawaran
dari contoh konsumsi dan produksi.
·
Membuktikan hukum permintaan dan penawaran
melalui diskusi dan referensi.
·
Menyebutkan contoh penerapan hukum
permintaan dan penawaran dalam kehidupan sehari-hari.
· Menemukan fungsi permintaan dan penawaran
melalui pengamatan kurva permintaan dan penawaran terhadap barang.
· Merumuskan pengertian elastisitas dan
jenis-jenisnya melalui referensi dan sumber belajar sekunder.
· Memberi contoh proses terbentuknya harga dan
jumlah keseimbangan dari suatu transaksi jual beli.
· Menghitung elastisitas permintaan dan
penawaran secara matematis dengan menggunakan tabel dan kurva.
· Menentukan harga dan jumlah keseimbangan
dengan menggunakan tabel dan kurva.
· Mendeskripsikan pengertian, ciri-ciri,
kebaikan dan keburukan berbagai bentuk pasar barang melalui pengamatan dan
referensi.
· Mendeskripsikan pengertian, bentuk, dan
teori dalam pasar faktor produksi melalui pengamatan, studi lapangan, dan
referensi.
|
· Mendeskripsikan pengertian permintaan dan
penawaran.
· Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan.
·
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
·
Menggambar kurva
permintaan dan penawaran.
·
Menginterpretasikan hukum permintaan dan
penawaran.
·
Memberi contoh
penerapan hukum permintaan dan penawaran.
· Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi
penawaran serta menggambarkan
kurvanya.
· Mendeskripsikan proses terbentuknya harga
dan jumlah keseimbangan serta
menggambarkan kurvanya.
· Mendeskripsikan elastisitas dan
jenis-jenisnya.
· Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar
barang.
· Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk
pasar barang.
· Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari
bentuk pasar.
· Memberi contoh berbagai bentuk pasar
· Mengidentifikasi pentingnya analisis harga
faktor produksi.
· Mendeskripsikan teori produktivitas
marjinal.
· Menjelaskan TPP, MPP, dan MR.P
· Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
· Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah
pekerja.
· Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga
modal.
· Mendeskripsikan laba
pengusaha.
|
Jenis tagihan: kuis dan pertanyaan lisan melalui
UPM, ulangan, laporan kerja praktik, tugas individu dan kelompok (diskusi).
Bentuk tagihan: pilihan ganda, uraian obyektif,
uraian bebas, skala sikap
|
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
2 x 45 menit
|
Buku Ekonomi
dan sumber lain yang relevan
|
Mengetahui,
Kepala SMA ……………………
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
|
………………,…………………20…
Guru mapel Ekonomi
(_________________________)
NIP/NIK :
....................................
|
0 komentar:
Posting Komentar