RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi:
1. Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan
sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mendeskripsikan pengertian kebutuhan.
2. Mendeskripsikan
jenis-jenis kebutuhan.
3.Mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi kebutuhan.
5.Mendeskripsikan macam-macam benda pemuas
kebutuhan.
6. Mendeskripsikan kegunaan benda pemuas
kebutuhan.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
kebutuhan.
b) Siswa dapat mendeskripsikan jenis-jenis
kebutuhan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi hal-hal yang
mempengaruhi kebutuhan.
d)
Siswa dapat mengidentifikasi
pengertian benda pemuas kebutuhan.
e) Siswa dapat mendeskripsikan macam-macam
benda pemuas kebutuhan.
f) Siswa dapat mendeskripsikan kegunaan benda
pemuas kebutuhan.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kebutuhan manusia
C. Uraian Materi
a)
Pengertian kebutuhan
b)
Macam-macam kebutuhan
c)
Hal-hal yang mempengaruhi
kebutuhan
d)
Pengertian benda pemuas
kebutuhan
e)
Macam-macam benda pemuas
kebutuhan
f)
Kegunaan benda pemuas kebutuhan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Mencari
informasi tentang pengertian kebutuhan manusia melalui berbagai macam sumber.
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi kebutuhan manusia.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru
mengingatkan dan mengembangkan pengetahuan siswa tentang kebutuhan siswa
sendiri dan pengertian kebutuhan pada umumnya. Kemudian guru mempersilakan
siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat tayangan yang berhubungan
dengan pemenuhan kebutuhan atau melakukan kunjungan ke pasar di daerah sekitar.
Selama kegiatan tersebut, guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang
penting.
b. Motivasi
Pemenuhan
kebutuhan adalah salah satu kegiatan ekonomi yang sangat mendasar. Pada
pemenuhan kebutuhan, terlihat sikap seseorang dalam perencanaan perjalanan
hidupnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
kebutuhan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing
kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mendeskripsikan pengertian
kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mendeskripsikan jenis-jenis kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mengidentifikasi hal-hal yang mempengaruhi kebutuhan.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mengidentifikasi pengertian benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk
mendeskripsikan macam-macam benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk
mendeskripsikan kegunaan benda pemuas kebutuhan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD,
spidol
Mengetahui
2011
Kepala Guru Mata Pelajaran
Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi: 1.
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.2 Mendeskripsikan berbagai sumber
ekonomi yang langka dan kebutuhan
manusia yang tak terbatas.
Indikator Pencapaian
Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pengertian kelangkaan.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor penyebab
kelangkaan.
3.
Mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi
rakyat banyak.
4. Bersikap rasional dalam menyikapi berbagai
pilihan.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
kelangkaan.
b) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor
penyebab kelangkaan.
c) Siswa dapat mengidentifikasi
mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan manfaat bagi
rakyat banyak.
d) Siswa dapat bersikap rasional dalam
menyikapi berbagai pilihan.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Kelangkaan
dan pengalokasian sumber daya ekonomi
C. Uraian Materi
a)
Pengertian kelangkaan
b)
Penyebab kelangkaan
c)
Penentuan alokasi sumber daya
ekonomi
d)
Sikap rasional dalam memenuhi
kebutuhan
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Menggali informasi tentang
kelangkaan
|
·
Siswa
dapat Mendiskusikan faktor penyebab kelangkaan di
daerah setempat dan sekitarnya..
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kebutuhan.
Banyak kebutuhan yang tidak terpenuhi karena keterbatasan sumber daya ekonomi.
Kemudian guru mempersilahkan siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat
tayangan yang berhubungan dengan masalah kelangkaan. Selama kegiatan tersebut,
guru menghimbau siswa untuk mencatat hal-hal yang penting.
b. Motivasi
Masalah
kelangkaan adalah inti dari pembahasan mengenai masalah ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai
sumber ekonomi yang langka dan kebutuhan
manusia yang tak terbatas. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b.Kelompok pertama diberi
tugas untuk mendeskripsikan pengertian
kelangkaan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mengidentifikasi faktor-faktor penyebab kelangkaan.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi
tugas untuk mengidentifikasi pengalokasian sumber daya yang mendatangkan
manfaat bagi rakyat banyak.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan sikap rasional dalam menyikapi berbagai pilihan.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa
mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Siswa diberi tugas untuk mencari
artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD,
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi: 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia,
kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar: 1.3 Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi,
yaitu tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan barang
apa yang diproduksi.
2. Mendeskripsikan bagaimana cara
memproduksi barang.
3. Mendeskripsikan untuk siapa barang
diproduksi.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan barang apa
yang diproduksi.
b) Siswa dapat mendeskripsikan bagaimana cara
memproduksi barang.
c) Siswa dapat mendeskripsikan untuk siapa
barang diproduksi.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Masalah ekonomi tentang apa, bagaimana dan
untuk siapa barang diproduksi.
C. Uraian Materi
a)
Barang
apa yang akan diproduksi dan berapa jumlahnya.
b)
Bagaimana cara memproduksi
barang.
c)
Untuk siapa barang tersebut
diproduksi.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Bagaimana cara memproduksi
barang.
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi barang-barang apa, bagaimana
cara memproduksi, dan untuk siapa memproduksi melalui diskusi kelompok dan studi
kepustakaan.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang kelangkaan. Kemudian guru mengaitkan masalah kelangkaan tersebut dengan
masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi serta memberi
penjelasan yang singkat dan jelas tentang materi yang baru dan kompetensi yang
harus dikuasai.
b. Motivasi
Masalah tentang apa, bagaimana dan untuk siapa
barang diproduksi adalah masalah ekonomi yang paling mendasar, sehingga harus
dipahami dengan tuntas.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mengidentifikasi masalah pokok ekonomi, yaitu
tentang apa, bagaimana dan untuk siapa barang diproduksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi tiga
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 10-12 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk
mendeskripsikan barang apa yang diproduksi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mendeskripsikan bagaimana cara memproduksi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi tugas untuk
mendeskripsikan untuk siapa barang barang diproduksi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Tes lisan dengan beberapa pertanyaan (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia, kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.4
Mengidentifikasi hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di bidang lain.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1.
Membedakan biaya sehari-hari dengan biaya peluang
2.
Kurva kemungkinan produksi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa dapat membedakan biaya
sehari-hari dengan biaya peluang.
b)
Siswa dapat menjelaskan konsep
yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan produksi di
bidang lain.
C. Uraian Materi
a) Arti biaya sehari-hari dan biaya peluang
b)
Kurva kemungkinan produksi
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Pengertian
biaya sehari-hari dan biaya peluang
·
Kurva kemungkinan produksi.
|
·
Siswa
dapat Mendiskusikan contoh-contoh biaya peluang.
·
Siswa
dapat Menggambar kurva kemungkinan produksi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang kelangkaan
yang menyebabkan individu harus membuat pilihan. Kemudian guru mengaitkan
materi tersebut dengan hilangnya kesempatan pada tenaga kerja bila melakukan
produksi di bidang lain serta memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang
materi yang baru dan kompetensi yang harus dikuasai.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai konsep biaya peluang dan kurva kemungkinan
produksi sangat diperlukan untuk mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Memahami permasalahan ekonomi dalam
kaitannya dengan kebutuhan manusia,
kelangkaan dan sistem ekonomi.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing
kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi
tugas untuk mendeskripsikan pengertian
biaya.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mendeskripsikan pengertian biaya peluang.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d.Kelompok ketiga diberi
tugas untuk mencari perbedaan biaya sehari-hari dengan biaya peluang. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk mendeskripsikan
pengertian laba akuntansi dan laba ekonomi.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi tugas untuk
membuat contoh soal tentang laba akuntansi dan laba ekonomi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk
menjelaskan konsep yang terdapat pada kurva kemungkinan produksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa
melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks Ekonomi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Siswa diberi tugas
untuk mencari artikel koran dan majalah yang berkaitan dengan masalah
kelangkaan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 1. Memahami
permasalahan ekonomi dalam kaitannya
dengan
kebutuhan manusia,
kelangkaan dan sistem ekonomi.
Kompetensi Dasar : 1.5 Mengidentifikasi
sistem ekonomi untuk memecahkan masalah ekonomi.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pengertian
sistem ekonomi.
2. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi tradisional.
3. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi pasar.
4. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi komando.
5. Mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan
keburukan sistem ekonomi campuran.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
sistem ekonomi.
b)
Siswa
dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi
tradisional.
c)
Siswa
dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi pasar.
d)
Siswa
dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi komando.
e)
Siswa
dapat mendeskripsikan ciri-ciri, kebaikan dan keburukan sistem ekonomi
campuran.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Sistem ekonomi
C. Uraian Materi
a)
Pengertian sistem skonomi
b)
Sistem ekonomi tradisional
c)
Sistem ekonomi pasar
d)
Sistem ekonomi komando
e)
Sistem ekonomi campuran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami permasalahan ekonomi dalam kaitannya dengan kebutuhan
manusia, kelangkaan, dan sistem ekonomi.
|
·
Pengertian sistem ekonomi
·
Sistem ekonomi tradisional
·
Sistem ekonomi pasar
·
Sistem ekonomi komando
|
·
Siswa dapat Mengidentifikasi sistem ekonomi yang ada dan cara
memecahkan masalah ekonomi melalui diskusi kelompok dan studi kepustakaan.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi penjelasan tentang
pentingnya sistem ekonomi, macam-macam sistem ekonomi, dan cara memecahkan
masalah ekonomi melalui sistem ekonomi yang dianut.
b. Motivasi
Sistem ekonomi berpengaruh pada kegiatan produksi,
konsumsi dan distribusi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat menjelaskan pengertian sistem ekonomi (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi tradisional. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi pasar. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi komando. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang sistem ekonomi campuran. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi
produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar : 2.1 Mendeskripsikan
pola perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan
ekonomi.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu
barang.
2. Membuat kesimpulan tentang hukum
Gossen.
3. Mendeskripsikan teori perilaku
konsumen.
4. Menerapkan pola hidup hemat dan
bersahaja dalam perilaku konsumen.
5. Membuat kesimpulan dari tabel dan
grafik persamaan produksi.
6. Mendeskripsikan teori produksi.
7. Mengidentifikasi perilaku produsen yang
mengutamakan kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
Alokasi Waktu : 3 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan manfaat dan
nilai suatu barang.
b) Siswa dapat membuat kesimpulan tentang
hukum Gossen.
c)
Siswa
dapat mendeskripsikan teori perilaku konsumen.
d)
Siswa
dapat hidup hemat dan bersahaja.
e)
Siswa
dapat membuat kesimpulan dari tabel dan grafik persamaan produksi.
f)
Siswa
dapat mendeskripsikan teori produksi.
g)
Siswa
dapat mengidentifikasi perilaku produsen yang mengutamakan kepentingan
masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Perilaku
konsumen dan produsen
C. Uraian Materi
a)
Manfaat dan nilai suatu barang
b)
Hukum Gossen I dan II
c)
Teori perilaku konsumen
d)
Pola hidup hemat dan bersahaja
e)
Persamaan produksi
f)
Teori produksi
g) Perilaku produsen yang mengutamakan
kepentingan masyarakat dan yang merugikan masyarakat.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami konsep
ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.
|
·
Membahas manfaat dan nilai suatu barang.
|
·
Siswa
dapat Membuat kesimpulan
dari tabel dan grafik persamaan produksi
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi-materi
yang lalu tentang kebutuhan, kelangkaan dan sistem ekonomi. Kemudian guru
memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang berkaitan
dengan perilaku konsumen dan produsen sebelum siswa melihat tayangan yang
berhubungan dengan perilaku konsumen dan produsen.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai perilaku konsumen dan produsen sangat penting
karena dapat diterapkan pada kehidupan ekonomi siswa sehari-hari dan dapat
mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan pola
perilaku konsumen dan produsen dalam kegiatan ekonomi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi
tugas untuk mendeskripsikan pengertian konsumsi, membuat kesimpulan tentang
hukum Gossen, dan mendeskripsikan manfaat dan nilai suatu barang. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan
kardinal. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku konsumen dengan pendekatan
ordinal. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi
tugas untuk mendeskripsikan pengertian produksi, persamaan produksi, faktor
produksi, dan mengidentifikasi kegiatan produksi yang mengutamakan kepentingan
masyarakat dan yang merugikan masyarakat. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Kelompok kelima diberi
tugas untuk mendeskripsikan produksi total, produksi marjinal dan produksi
rata-rata. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi
tugas untuk mendeskripsikan hukum produk marjinal yang semakin menurun. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD dan
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami konsep ekonomi dalam kaitannya
dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar : 2.2 Mendeskripsikan Circular Flow Diagram
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Membuat model Circular Flow Diagram
2. Mengidentifikasi manfaat Circular Flow Diagram
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat membuat model Circular
Flow Diagram.
b)
Siswa dapat mengidentifikasi manfaat Circular
Flow Diagram.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Circulair Flow Diagram
C. Uraian Materi
a) Circular Flow Diagram
b) Manfaat Circular Flow Diagram
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen
|
·
Membuat
model interaksi pelaku ekonomi (circular flow diagram).
|
·
Siswa
dapat Mengidentifikasi
manfaat circular flow diagram
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru memberi informasi awal tentang
kegiatan ekonomi antarpelaku ekonomi.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai Circular Flow Diagram akan mempermudah
pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan Circular Flow Diagram. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua
kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama
diberi tugas untuk membuat Circular Flow
Diagram.. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk
mengidentifikasi manfaat Circular Flow
Diagram.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru,
siswa membuat kesimpulan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi . (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Siswa diberi tugas untuk mencari artikel koran
dan majalah yang berkaitan dengan masalah kelangkaan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 2. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi
produsen dan konsumen.
Kompetensi Dasar : 2.3 Mendeskripsikan peran konsumen dan
produsen.
Indikator Pencapaian Kompetensi : 1. Mengidentifikasi peran konsumen dalam
kegiatan ekonomi.
2. Mengidentifikasi peran produsen dalam
kegiatan ekonomi.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mengidentifikasi peran
konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b) Siswa dapat mengidentifikasi peran
produsen dalam kegiatan ekonomi.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Peran
konsumen dan produsen
C. Uraian Materi
a) Peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
b) Peran produsen dalam kegiatan ekonomi.
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi
kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi produsen dan konsumen
|
·
Menyebutkan
peran konsumen dalam kegiatan ekonomi.
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan peran konsumen dan produsen
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu
tentang circular flow diagram dan
kegiatan ekonomi yang dilakukan oleh konsumen dan produsen. Kemudian guru
memberi penjelasan yang singkat dan jelas tentang hal-hal penting yang
berkaitan dengan peran konsumen dan produsen.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai peran konsumen dan produsen
sangat penting karena dapat diterapkan pada kehidupan ekonomi siswa
sehari-hari.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan peran
konsumen dan produsen. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua
kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi
tugas untuk mengidentifikasi peran konsumen.
(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi
tugas untuk mengidentifikasi peran podusen. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengidentifikasi
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan pengertian permintaan
dan enawaran.
2. Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi permintaan.
3. Mengidentifikasi faktor-faktor yang
mempengaruhi penawaran.
4. Menggambar kurva permintaan dan
penawaran.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan pengertian
permintaan dan penawaran.
b) Siswa dapat mengidentifikasi faktor-faktor
yang mempengaruhi permintaan.
c)
Siswa
dapat mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi penawaran.
d)
Siswa
dapat menggambar kurva permintaan dan penawaran.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Permintaan dan
penawaran
C. Uraian Materi
a)
Pengertian permintaan
b)
Pengertian penawaran
c)
Faktor-faktor yang mempengaruhi
permintaan
d)
Faktor-faktor yang mempengaruhi
penawaran
e)
Kurva permintaan dan penawaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar.
|
·
Menggambar
kurva permintaan dan penawaran dari contoh konsumsi dan produksi.
|
·
Siswa
dapat Pengertian faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat
tayangan yang berhubungan dengan permintaan dan penawaran. Kemudian guru
menggali pengetahuan siswa tentang permintaan dan penawaran.
b. Motivasi
Konsep permintaan dan penawaran adalah konsep dasar yang terdapat di
pasar, sehingga pemahaman mengenai permintaan dan penawaran akan mempermudah
pemahaman tentang pasar.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan
faktor-faktor yang mempengaruhi permintaan dan penawaran. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan
dengan jumlah siswa). (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk mengumpulkan
informasi tentang permintaan dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk mengumpulkan
informasi tentang penawaran dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Penilaian (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD dan
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran,
harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.2 Menjelaskan
hukum permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya.
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Menginterpretasikan hukum permintaan
dan penawaran
2. Memberi contoh penerapan hukum
permintaan dan penawaran
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menginterpretasikan hukum
permintaan.
b) Siswa dapat memberi contoh penerapan hukum
permintaan dan penawaran.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Hukum permintaan
dan penawaran
C. Uraian Materi
a)
Hukum permintaan
b)
Hukum penawaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar.
|
·
Membuktikan
hukum permintaan dan penawaran melalui diskusi dan referensi.
|
·
Siswa
dapat Menyebutkan contoh penerapan hukum permintaan dan penawaran dalam
kehidupan sehari-hari.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan materi yang lalu tentang pengertian
permintaan dan penawaran dan menjelaskan kaitannya dengan pembahasan materi
yang baru tentang hukum permintaan dan penawaran. Kemudian guru menguraikan
dengan jelas isi dan asumsi dari hukum permintaan dan penawaran.
b. Motivasi
Hukum permintaan dan penawaran adalah materi yang sangat krusial dan
akan terus berlaku dalam ilmu serta kegiatan ekonomi.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Menjelaskan hukum
permintaan dan hukum penawaran serta asumsi yang mendasarinya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi dua kelompok besar (disesuaikan
dengan jumlah siswa).(nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi tugas untuk menguraikan
hukum permintaan. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi tugas untuk menguraikan
hukum penawaran. (nilai yang
ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan tugasnya di depan kelas,
sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.3 Mendeskripsikan pengertian harga dan
jumlah keseimbangan.
Indikator Pencapaian Kompetensi:
1. Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi
penawaran serta menggambarkan kurvanya.
2. Mendeskripsikan proses terbentuknya
harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan
urvanya.
3. Mendeskripsikan elastisitas dan
jenis-jenisnya.
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat menerapkan fungsi permintaan
dan fungsi penawaran serta
menggambarkan grafiknya.
b) Siswa dapat mendeskripsikan proses
terbentuknya harga dan jumlah
keseimbangan serta menggambarkan kurvanya.
c) Siswa dapat mendeskripsikan elastisitas
dan jenis-jenisnya.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Harga keseimbangan
C. Uraian Materi
a)
Fungsi permintaan
b)
Fungsi penawaran
c)
Kurva permintaan
d)
Kurva penawaran
e)
Harga dan jumlah keseimbangan
f)
Elastisitas permintaan dan
penawaran
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar.
|
·
Menemukan
fungsi permintaan dan penawaran melalui pengamatan kurva permintaan dan
penawaran terhadap barang.
|
·
Siswa
dapat Menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan kurvanya.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang audio visual untuk melihat
tayangan transaksi jual beli di suatu pasar. Kemudian guru memberi pengarahan agar siswa
mencatat hal-hal yang berkaitan dengan kompetensi dasar.
b. Motivasi
Pemahaman mengenai harga dan jumlah keseimbangan
akan mempermudah pemahaman materi selanjutnya.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan pengertian
harga dan jumlah keseimbangan. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan
menjadi dua kelompok besar (disesuaikan dengan jumlah siswa). (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b.Kelompok pertama diberi
tugas untuk menerapkan fungsi permintaan dan fungsi penawaran serta menggambarkan grafiknya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi
tugas untuk mendeskripsikan proses terbentuknya harga dan jumlah keseimbangan serta menggambarkan grafiknya. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi .(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD dan
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.4 Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar
barang
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mendeskripsikan berbagai bentuk pasar barang
2. Mengidentifikasi ciri-ciri berbagai bentuk
pasar barang
3. Mengidentifikasi kebaikan dan keburukan dari
bentuk pasar
4. Memberi contoh berbagai bentuk pasar
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a) Siswa dapat mendeskripsikan berbagai
bentuk pasar barang.
b) Siswa dapat mengidentifikasi
ciri-ciri berbagai bentuk pasar barang.
c) Siswa dapat mengidentifikasi kebaikan dan
keburukan dari bentuk pasar.
d)
Siswa dapat memberi contoh berbagai
bentuk pasar.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pasar barang
C. Uraian Materi
a)
Pengertian berbagai bentuk
pasar barang
b) Ciri-ciri pasar persaingan sempurna, pasar
monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan monopolistik.
c)
Kebaikan dan keburukan pasar
persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar persaingan
monopolistik.
d)
Contoh berbagai bentuk pasar
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar.
|
·
Ciri-ciri
pasar persaingan sempurna, pasar monopoli, pasar oligopoli, dan pasar
persaingan monopolistik.
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan pengertian, ciri-ciri, kebaikan dan keburukan berbagai
bentuk pasar barang melalui pengamatan dan referensi.
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengajak siswa memasuki ruang
audio visual untuk melihat kegiatan berbagai bentuk pasar barang. Kemudian guru
memberi pengarahan agar siswa mencatat hal-hal yang berkaitan dengan ciri-ciri
berbagai bentuk pasar barang.
b. Motivasi
Siswa dapat membedakan berbagai bentuk pasar barang.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan berbagai
bentuk pasar barang. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi empat
kelompok, di mana masing-masing kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan
dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan,
serta contoh pasar persaingan sempurna. (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan,
serta contoh pasar monopoli. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi
tugas untuk mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan,
serta contoh pasar oligopoli. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mengumpulkan informasi tentang ciri-ciri, kebaikan dan keburukan, serta contoh
pasar persaingan monopolistik. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
f. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
g. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan. (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang terdapat pada buku teks
Ekonomi . (nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku teks, LCD dan
spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Sekolah :
Mata Pelajaran :
Ekonomi
Kelas / Semester :
X (sepuluh) / 1
Standar Kompetensi : 3. Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga keseimbangan, dan pasar.
Kompetensi Dasar : 3.5 Mendeskripsikan pasar input (pasar
faktor produksi).
Indikator Pencapaian Kompetensi :
1. Mengidentifikasi pentingnya analisis harga
faktor produksi
2. Mendeskripsikan teori produktivitas marjinal
3. Menjelaskan TPP, MPP, dan MRP
4. Mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah
5. Mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja
6. Mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal
7. Mendeskripsikan laba pengusaha
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
A. Tujuan Pembelajaran
a)
Siswa dapat mengidentifikasi
pentingnya analisis harga faktor produksi.
b)
Siswa
dapat mendeskripsikan teori produktivitas marjinal.
c)
Siswa
dapat menjelaskan TPP, MPP, dan MRP.
d)
Siswa
dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.
e)
Siswa
dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.
f)
Siswa
dapat mendeskripsikan tinggi rendahnya bunga modal.
g) Siswa dapat mendeskripsikan laba
pengusaha.
Karakter siswa yang diharapkan
:
§ Kerja keras, Jujur, saling menghargai.
Kewirausahaan / Ekonomi Kreatif
:
§ Kerja keras, jujur, saling menghargai orang lain, , inovatif,
B. Materi Pokok
Pasar input
C. Uraian Materi
a)
Analisis harga faktor produksi
b)
TPP, MPP, dan MRP
c)
Sewa tanah
d)
Upah pekerja
e)
Bunga modal
f)
Laba pengusaha
D. Pendekatan
Kontekstual
E. Metode Pembelajaran
Diskusi kelompok
dan studi kepustakaan
Strategi Pembelajaran
Tatap Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
·
Memahami
konsep ekonomi dalam kaitannya dengan permintaan, penawaran, harga
keseimbangan, dan pasar.
|
·
Analisis
harga faktor produksi
|
·
Siswa
dapat Mendeskripsikan pengertian, bentuk, dan teori dalam pasar faktor
produksi melalui pengamatan, studi lapangan, dan referensi..
|
F. Skenario Pembelajaran
1. Kegiatan Awal
a. Apersepsi
Guru mengulas kembali pembahasan
materi yang lalu tentang pasar barang. Kemudian guru
memberikan penjelasan tentang pasar input dan menguraikan perbedaan pasar input
dengan pasar barang.
b. Motivasi
Siswa dapat mengetahui pentingnya pasar input dan membedakan pasar
input dengan pasar barang.
2. Kegiatan Inti
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
a. Siswa dapat Mendeskripsikan pasar input
(pasar faktor produksi). (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
a. Siswa dikelompokkan menjadi enam kelompok, di mana masing-masing
kelompok terdiri dari 5-6 orang (disesuaikan dengan jumlah siswa).(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Kelompok pertama diberi
tugas untuk mendeskripsikan pentingnya analisis harga faktor produksi. (nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
c. Kelompok kedua diberi
tugas untuk mendeskripsikan TPP, MPP, dan MRP.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
d. Kelompok ketiga diberi
tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya sewa tanah.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
e. Kelompok keempat diberi tugas untuk
mendeskripsikan tinggi rendahnya upah pekerja.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
f.
Kelompok kelima diberi tugas untuk mendeskripsikan tinggi rendahnya
bunga modal.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
g. Kelompok keenam diberi tugas untuk
mendeskripsikan laba pengusaha.(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
h. Masing-masing kelompok mempersentasikan
tugasnya di depan kelas, sedangkan kelompok yang lain menanggapi.(nilai yang ditanamkan:
Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
i. Dengan bimbingan guru, siswa membuat
kesimpulan.(nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
a. Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.);
b. Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.(nilai yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling
menghargai.)
3. Kegiatan Akhir
a. Guru dan siswa melakukan refleksi. (nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
b. Penilaian (nilai
yang ditanamkan: Kerja keras, Jujur, saling menghargai.);
- Hasil kerja kelompok (kognitif)
- Lembar pengamatan (afektif)
- Lembar pengamatan (psiko motorik)
c. Siswa mengerjakan soal-soal evaluasi yang
terdapat pada buku teks Ekonomi .(nilai yang ditanamkan: Kerja
keras, Jujur, saling menghargai.);
G. Sumber dan Alat
Buku
teks dan spidol
Mengetahui 2011
Kepala Guru
Mata Pelajaran Ekonomi
NIP. NIP.
1 komentar:
Tolong di ganti donk laguny mbak...
Posting Komentar